kalau impor gula itu tebu petaninya dibeli lebih dulu. Jangan sampai kebutuhannya lebih berat impor, maka kita tidak akan pernah mandiri,
Nganjuk (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan Indonesia di bawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud tidak lagi mengutamakan impor pangan seperti gula yang tersedia di dalam negeri guna mewujudkan kemandirian pertanian.
 
Ganjar menyampaikan penegasan tersebut usai bertemu petani tebu dalam rangkaian kampanye Pilpres 2024 di Lapangan Klinter, Nganjuk, Jawa Timur, Jumat.
 
"Oh iya ini bagus sekali. Mbok kalau impor gula itu tebu petaninya dibeli lebih dulu. Jangan sampai kebutuhannya lebih berat impor, maka kita tidak akan pernah mandiri,” tegas Ganjar.

Oeh sebab itu, Ganjar mengaku ingin memprioritaskan produk dalam negeri agar dapat dinikmati seluruh masyarakat dan tidak lagi bergantung sepenuhnya pada impor.
 
Ia berjanji pihaknya akan mencarikan solusi sehingga petani dalam negeri dapat mendapatkan tempat yang utama dan pertama di dalam negeri sendiri.
 
“Jadi itu catatan penting yang neracanya kami coba baca untuk bisa mencarikan solusi untuk menyeimbangkan ini,” jelasnya.
 
Ganjar juga menyoroti kritik para petani tebu yang menyebut ada beberapa oknum yang melakukan intimidasi sekaligus praktik korupsi pada proses jual beli hasil panen para petani tebu.
 
“Berikutnya, tikus ndas ireng. Ini sebenarnya kritik dari publik lagi-lagi soal korupsi, soal tidak transparan, soal pelayan buruk, maka ini jadi perhatian kita untuk memberikan catatan-catatan yang disampaikan petani,” katanya.
 
Sementara itu, kata Ganjar, keluhan para petani tebu yang dia terima masih sama, yakni soal tidak meratanya alokasi pupuk, minimnya bantuan modal hingga pemberian bibit tanam unggul.
 
"Saya titip saja beberapa poin-poin tadi itu, nggih. Nanti tim saya dari sini atau Pak Agus nanti bisa mencatat, agar kita bisa bahas, agar kita bisa komunikasikan lebih lanjut," ujar Ganjar.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo janjikan pupuk murah hingga lumbung pangan untuk petani
Baca juga: Anies: Dialog ekonomi dengan Kadin Indonesia sangat bermanfaat

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024