Kami harap di tahun 2024 ini, akan ada perusahaan daerah yang melantai di bursa saham.
Manado (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan daerah yang beraktivitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), agar masuk Initial Public Offering (IPO) di tahun 2024.

"Kami harap di tahun 2024 ini, akan ada perusahaan daerah yang melantai di bursa saham," kata Kepala BEI Sulut Mario Iroth, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan dari sisi perusahaan tercatat, selama 2023 terdapat dua perusahaan baru dari Sulut yang go public.

Mario mengatakan dua perusahaan Sulut yang go public tahun 2023 yaitu PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) yang merupakan perusahaan tercatat pertama di 2023 dengan nilai IPO Rp176 miliar.

Kedua, PT Minahasa Membangun Hebat Tbk (HBAT) yang listing tanggal 7 Agustus 2023, dengan nilai IPO Rp26 miliar.

"Kami berharap tahun ini akan semakin banyak perusahaan daerah yang go public, sehingga BEI akan terus melakukan pendekatan, sosialisasi, sehingga pemilik perusahaan bisa lebih paham," katanya lagi.

Edukasi, katanya pula, akan terus dilakukan oleh BEI, dan pihaknya akan membidik semua perusahaan daerah yang berpotensi untuk go public di Sulut.

Initial Public Offering atau ketika saham sebuah perusahaan pertama kali dijual ke masyarakat luas. Istilah IPO merujuk pada perusahaan yang baru saja terjun di dunia bursa saham Indonesia atau BEI.
Baca juga: OJK beri kemudahan perusahaan daerah lakukan IPO

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024