Pemprov Sumsel memberikan apresiasi dan dukungan yang luas.....
Palembang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meminta program kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di provinsi ini agar ke depannya lebih berpihak dan menjangkau para perajin dan masyarakat luas.

Agus Fatoni dalam keterangannya di Palembang, Jumat, mengatakan dengan diselenggarakannya Rakerda Dekrasnada diharapkan mampu menjadi wadah menyinkronkan program dan kegiatan tahun 2024.

“Pemprov Sumsel memberikan apresiasi dan dukungan yang luas, mengingat dari forum ini akan dirumuskan program-program yang akan memberikan kontribusi maksimal bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan penganggaran Dekranasda nantinya bisa dalam bentuk hibah dari pemerintah daerah (pemda) atau melalui kegiatan yang anggarannya ada di instansi masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kemudian dikerjakan bersama-sama, dikolaborasikan bisa juga bersumber dari sumber lain, misalnya CSR,” katanya lagi.

Fatoni mengungkapkan, koordinasi antara Dekranasda pusat dan daerah juga sangat penting dilakukan. Hal ini dilakukan agar kegiatan-kegiatan Dekranasda nantinya dapat dirasakan masyarakat secara langsung dengan jangkauan yang lebih luas.

“Koordinasi itu terus perlu dibangun agar kegiatan-kegiatan Dekranasda ini bisa lebih besar lagi dan bisa menyentuh masyarakat secara langsung,” kata dia.

Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni sekaligus pimpinan rapat mengatakan Rakerda Dekranasda Sumsel akan digelar pada tanggal 16 Januari 2024.

“Nantinya kegiatan tersebut akan diikuti oleh seluruh pengurus Dekranasda se-Sumsel,” katanya.

Ketua Bidang Program Dekranasda sekaligus Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Amiruddin mengatakan Rapat Kerja Dekranasda Sumsel tahun 2024 mengusung tema 'Kriya Unggul, Indonesia Maju' dengan visi Mewujudkan Produk Kerajinan Sumsel yang Berdaya Saing Global.

“Program kerja Dekranasda Sumsel di tahun ini, di antaranya adalah pelaksanaan HUT ke-44 Dekranas, Rakerda Dekranasda, pelatihan diversifikasi angkinan, rumah pewarna alami Kebun Raya Sriwijaya, Bimtek Tenun Gebeng, Bimtek diversifikasi kerajinan perak, dan lainnya,” ujarnya pula.
Baca juga: Dekranasda-Bank SumselBabel subsidi harga benang untuk petenun

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024