Jakarta (ANTARA) - Chief Executive Officer (CEO) Bittime Ryan Lymn mengatakan pasar aset kripto akan tumbuh positif sepanjang tahun 2024 seiring persetujuan produk ETF Bitcoin oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC).

“Persetujuan produk ETF Bitcoin di pasar spot bisa dikatakan sebagai salah satu hal bersejarah, yang menandakan perubahan positif di industri aset kripto, yang berarti bahwa investor institusi berskala besar menerima aset kripto sebagai produk investasi yang menarik,” ujar Ryan sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia melanjutkan, persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC dapat membuat industri aset kripto semakin menggeliat, ditambah dengan prospek dari momentum Bitcoin halving yang bisa membuat pasar aset kripto semakin ramai dan tumbuh positif.

“Kedua, ada Bitcoin halving yang terjadi setiap beberapa tahun sekali dan dijadwalkan terjadi pada April 2024, yang dapat mengubah jumlah Bitcoin yang beredar sehingga mempengaruhi harganya. Menurut prediksi kami, tahun ini BTC berpeluang menembus nilai tertinggi 2021 lalu di level 68.000 dolar AS,” iujar Ryan.

Lebih lanjut, Ia memandang prospek pasar aset kripto pada 2024 terbilang masih bullish, yang diperkirakan investasi dari sisi institusional akan terus meningkat, dengan prediksi didongkrak proyeksi produk ETF Ethereum.

“Kemudian ada faktor peralihan dari Web2 ke Web3, serta pertumbuhan solusi Layer 2 khususnya dalam jaringan Ethereum, yang dipandang sebagai perkembangan positif, ditambah dengan faktor makroekonomi dan perubahan peraturan yang bisa membuat pasar lebih antusias,” ujar Ryan.

Dari dalam negeri, Ryan menilai ada beberapa faktor yang akan mendorong pertumbuhan industri kripto pada 2024, diantaranya faktor kebijakan pemerintah, dimana akan terdapat beberapa perubahan dalam tata kelola industri aset kripto Indonesia di masa yang akan datang.

“Selanjutnya adalah faktor tahun Pemilu 2024, biasanya terjadi peningkatan perputaran uang di seluruh lini. Kami percaya bahwa pemilu pada tahun ini akan berlangsung dengan lancar, sehingga pasar akan merespons dengan positif,” ujar Ryan.

Terkait rencana perubahan tata kelola industri aset kripto di Indonesia, pihaknya akan mendukung kebijakan pemerintah yang senantiasa ingin memperkuat industri aset kripto di Indonesia.

“Bittime mendukung rencana pemerintah yang ingin terus memperkuat industri aset kripto. Kami berharap dengan nantinya industri aset kripto di Indonesia akan semakin maju dan dinikmati seluruh lapisan masyarakat,” ujar Ryan.

Baca juga: Kemendag resmi luncurkan bursa kripto pertama di Indonesia

Baca juga: Geliat industri aset kripto di Indonesia setelah pandemi

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024