Las Vegas (ANTARA) - Pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024, yang menampilkan inovasi terbaru dalam industri elektronik konsumen, ditutup pada Jumat (12/1) di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pameran selama empat hari itu, yang diikuti lebih dari 4.000 peserta dari 150 lebih negara dan kawasan, termasuk 1.200 lebih perusahaan rintisan (startup),  telah menarik lebih dari 130.000 pengunjung.

Para peserta memamerkan perpaduan teknologi canggih, peluncuran baru, dan berbagai gawai unik dalam ajang tersebut.

Kecerdasan buatan (AI) menjadi pusat perhatian dalam pameran teknologi itu, yang mengungkapkan dampak AI terhadap konsumen dan industri.

Mengembangkan perannya sebagai alat untuk mengatasi masalah ke level baru yang epik, AI merevolusi pengalaman para penggunanya, termasuk memperluas aksesibilitas dan meningkatkan efisiensi.

Solusi perangkat keras dan perangkat lunak AI yang canggih memainkan peran aktif dalam pengembangan industri di seluruh dunia.

Pameran tahunan tersebut menyajikan produk dan solusi yang dilengkapi dengan AI terbaru, generasi mesin cerdas dan otonom terbaru, serta mengungkapkan bagaimana AI mendorong inovasi dalam kehidupan masyarakat, seperti pengalaman dalam hal makanan, ritel, dan restoran.

Sejumlah raksasa semikonduktor memamerkan prosesor AI terbaru mereka yang digunakan untuk pusat data dan perangkat modern, seperti laptop, ponsel cerdas, dan headset.
 
   Pengunjung menjajal headset VR di pameran Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat, 11 Januari 2024. (Xinhua/Wu Xiaoling)


Produsen mobil, pengecer, dan produsen peralatan rumah juga menunjukkan bagaimana mereka menggunakan AI untuk melengkapi produk-produk terbaru mereka.

Perusahaan-perusahaan memamerkan inovasi yang bertujuan untuk membuat AI dapat lebih mudah diakses dan relevan bagi semua orang, bukan hanya bagi raksasa teknologi.

AI generatif, mampu membuat konten baru, menggunakan teks maupun gambar hingga musik dan kode, menciptakan gelombang besar dalam ajang CES.

Kemajuan terbaru dalam AI generatif menandakan masa depan. AI menjadi alat kreatif yang kuat, dan mendorong batasan segala hal yang dapat terjadi di berbagai bidang.

Ajang CES juga menunjukkan bagaimana AI dapat memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan lingkungan.

"Di tahun 2024 ini, saya berharap perkembangan AI akan mempercepat pertumbuhan bagi konsumen perusahaan di bidang teknologi karena mereka menjadi lebih efisien serta menemukan lebih banyak cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen," tutur Richard Kowalski, direktur senior intelijen bisnis di Consumer Technology Association, penyelenggara CES.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024