Ada informasi bagus, harga cabai mulai turun. Harga beras masih stabil di angka Rp13.000-Rp14.000 yang paling murah, berarti belum turun, tapi tadi beras Bulog bisa Rp11.500
Surabaya, Jawa Timur (ANTARA) -
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat blusukan di Pasar Pucang Anom, Kota Surabaya, Jawa Timur menemukan harga cabai mulai menurun, sementara harga beras tetap stabil.
 
“Ada informasi bagus, harga cabai mulai turun. Harga beras masih stabil di angka Rp13.000-Rp14.000 yang paling murah, berarti belum turun, tapi tadi beras Bulog bisa Rp11.500,” kata Ganjar Pranowo usai blusukan di Pasar Pucang Anom, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.
 
Ganjar mengaku senang mendapatkan kabar penurunan harga bahan pangan pokok tersebut karena menilai ada perbaikan pada ketersediaan atau pasokan bahan pangan tersebut.
 
Ia pun memberikan catatan kepada tim Ganjar-Mahfud agar terus memantau harga bahan pokok agar dapat memberi masukan jika ada kenaikan harga yang terlalu fluktuatif.
 
Menurutnya, pemerintah perlu memiliki sistem informasi komoditas terpadu yang bertujuan untuk menghimpun sekaligus memperbarui data-data terkait komoditi, apalagi seputar bahan pangan pokok.
 
“Saya punya pengalaman ya dengan kawan-kawan di Pemprov Jateng waktu itu, ada aplikasi SIHATI, Sistem Informasi Harga dan Produk Komoditi, itu bisa menjangkau,” jelasnya.
 
Dengan memiliki sistem informasi yang terpadu dan terbaru setiap saat, pemerintah tidak hanya dapat memantau, namun juga mengambil langkah cepat untuk mengatasi kekurangan ketersediaan komoditas di suatu wilayah.
​​​​​
“Sehingga kita bisa mengisi dari satu tempat yang surplus ke tempat yang kurang, kecuali tidak ada semua, nah itu baru kebijakan impor,” kata dia.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo hadiri konsolidasi partai di Medan pada hari ke-47 kampanyeBaca juga: Anies apresiasi Polri tangkap pelaku pengancaman dirinya

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024