Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di Facebook menarasikan bahwa Jepang resmi merilis bukti bahwa semua varian COVID-19 merupakan buatan manusia.

Unggahan tersebut merujuk dari sebuah laman media The People Voice berjudul “Japan Releases Irrefutable Evidence That ALL COVID Variants Are Man-Made” atau dengan terjemahan “Jepang Merilis Bukti Tak Terbantahkan Bahwa SEMUA Varian COVID Adalah Buatan Manusia”.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Virusnya aj abal” apalagi variannya…”

Namun, benarkah Jepang merilis bukti COVID-19 adalah buatan manusia?

 

Unggahan hoaks yang menarasikan Jepang rilis bukti COVID-19 adalah buatan manusia. Faktanya, analisis WHO terhadap urutan genetik yang dipublikasikan lebih lanjut menunjukkan bahwa penularannya berasal dari sumber hewani. (Facebook)
Penjelasan:

Dilansir dari mediabias, The People's Voice (alias YourNewsWire, Newspunch) adalah situs web konspirasi dan pseudosains sayap kanan yang secara rutin menerbitkan berita palsu. Sumber yang digunakan oleh The People's Voice adalah beberapa yang paling tidak kredibel di luar sana, seperti Infowars dan Gateway Pundit. 

Dilansir dari WHO, analisis terhadap urutan genetik yang dipublikasikan lebih lanjut menunjukkan bahwa penularannya berasal dari sumber hewani pada manusia terjadi selama kuartal terakhir tahun 2019.

Klaim: Jepang rilis bukti COVID-19 adalah buatan manusia

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kemenkes wajibkan penggunaan masker mulai 15 Desember 2023

Cek fakta: Misinformasi! bakteri Mycoplasma Pneumoniae sama seperti COVID-19

Baca juga: Perhatikan gejala COVID varian baru pada orang tua yang berisiko

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024