Jakarta (ANTARA) -
Wakil Sekretaris Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama Aljazair, Khoirul Bakhri, menyebut mayoritas pondok pesantren (ponpes) di Indonesia mendukung pasangan calon Anies-Muhaimin (AMIN) dalam Pemilu presiden dan wakil residen 2024.
 
Dalam keterangan opini yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu, dia mengeklaim, para pengasuh ponpes telah banyak mendeklarasikan dan mendukung paslon AMIN.

Bahkan, rata-rata ponpes bergerak secara alami atau dengan kesadaran sendiri untuk mendukung pasangan calon nomor urut satu itu.

Baca juga: Mutiara Baswedan ingin Anies istirahat yang cukup selama kampanye
 
"Bagi kalangan santri dan pesantren, pasangan AMIN bukanlah orang lain. Pasangan itu adalah yang paling ideal, dua-duanya, capres dan cawapres sama-sama pernah nyantri," kata dia.
 
Menurut alumni Universitas Emir Abdelkadir di Konstantin, Aljazair itu, Anies pernah nyantri di Ponpes Pabelan, Magelang. Sedangkan Muhaimin atau Gus Imin bukan hanya seorang santri, tetapi lahir dan tumbuh di Ponpes Denanyar, Jombang, Jawa Timur, sehingga darahnya kental dengan salah satu pendiri NU, yaitu almarhum KH Bisri Syansuri, kata dia.

Baca juga: Anies sebut KH Bisri Syansuri bagian penting sejarah Indonesia
 
Fakta itu, membuat mayoritas para pengelola ponpes meyakini bahwa kedua calon pemimpin tersebut merupakan hasil murni didikan dari ponpes.
 
Meski begitu, dia beranggapan, tidak semua kiai atau ulama dan pengelola ponpes mendukung paslon tersebut, walaupun jumlahnya sedikit dibanding yang mendukung.
 
Bagi ponpes yang tidak mendukung, dia menilai bahwa mereka memiliki sejumlah alasan, seperti pengasuhnya memiliki hubungan keluarga dengan paslon lain atau kebetulan yang bersangkutan berafiliasi dengan partai tertentu yang mendukung selain AMIN.

Baca juga: Anies kembali ke Jakarta di hari ke-47 kampanye Pilpres 2024
 
Dia meyakini, mayoritas ponpes yang mendukung akan berupaya keras untuk memperjuangkan paslon tersebut, sehingga tidak dikunjungi atau bersilaturahmi langsung guna berkampanye visi dan misi sekalipun oleh AMIN, mereka akan tetap bergerak untuk mendukung.
 
Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024.

Baca juga: Jubir AMIN: Anies sudah kunjungi 136 titik selama kampanye
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024