Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju ke Brunei Darussalam, Sabtu siang, setelah merampungkan sejumlah agenda kunjungan kenegaraan di Vietnam sejak 11 Januari 2024.

Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu, menginformasikan bahwa Presiden Jokowi bertolak menuju Brunei Darussalam melalui Bandara Internasional Cat Bai di Hai Phong, sekitar pukul 13.10 waktu setempat.

Presiden Jokowi beserta rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 menuju Bandar Seri Begawan.

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi sambutan hangat Vietnam

Tampak melepas keberangkatan Presiden antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Minh Hang, Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong, dan Wakil Ketua Komite Rakyat Hai Phong Nguyen Duc Tho.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Brunei Darussalam, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Sebelumnya, dalam agenda kenegaraan di Vietnam, Presiden Jokowi mengunjungi Monumen Pahlawan Nasional Vietnam dan Mausoleum Ho Chi Minh di Hanoi
(12/1).

Presiden Jokowi juga bertemu dengan Presiden Vietnam Võ Văn Thưởng untuk membahas kerja sama bilateral di sejumlah bidang, antara lain dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, serta bidang perikanan yang ditandai dengan pertukaran nota kesepahaman antara kedua negara.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue yang digelar di Lotus Room, National Assembly, Hanoi, Vietnam, untuk membahas peningkatan kerja sama Indonesia-Vietnam pada bidang energi terbarukan.

Baca juga: Jokowi sebut peluang investasi VinFast perkuat ekosistem mobil listrik

Baca juga: Presiden Jokowi ajak pengusaha Vietnam investasi di IKN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024