Shenzhen (ANTARA) - "BYD EXPLORER NO.1", sebuah kapal pengangkut kendaraan yang disewakan kepada produsen mobil China BYD, telah dikirim dan meninggalkan pangkalan konstruksi galangan kapal di Longkou, Provinsi Shandong, China timur, pada Selasa (9/1).

Kapal itu tiba di Pelabuhan Yantai pada hari yang sama, dan berlabuh di terminal kapal ro-ro untuk memulai proses bongkar muat. Pemberhentian berikutnya adalah Pelabuhan Logistik Internasional Xiaomo di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan, dan akan menuju Eropa setelah selesai memuat kendaraan pada sekitar 15 Januari.

"BYD EXPLORER NO.1" memiliki panjang total 199,9 meter, lebar 38 meter, desain draft 8,6 meter, kecepatan 19 knot, dan kapasitas muat hingga 7.000 unit kendaraan.

Menurut China International Marine Containers (Group) Co., Ltd. (CIMC), yang berbasis di Shenzhen, "BYD EXPLORER NO.1" dibangun oleh CIMC Raffles, anak perusahaan CIMC, untuk perusahaan manajemen kapal internasional Zodiac Maritime, dan disewakan kepada BYD sebagai kapal pertama "armada pengiriman laut" BYD.

Kapal yang dilengkapi dengan dua set tangki Tipe C ini menggunakan gas alam cair yang ramah lingkungan dan bersih sebagai bahan bakar utama untuk mesin utama dan generatornya. Dengan jarak jelajah maksimum 15.800 mil laut, kapal ini terbilang kapal pengangkut kendaraan yang hemat energi, ramah lingkungan, dan efisien. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024