Surabaya (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengajak seluruh elemen masyarakat senantiasa menjunjung tinggi nilai toleransi demi terjaganya persatuan bangsa Indonesia.

"Bangsa ini harus menjaga nilai perbedaan yang dipersatukan alias Bhinneka Tunggal Ika itu," kata Ganjar setelah acara "Silaturahmi Kebangsaan Lintas Iman" di Surabaya, Sabtu malam.

Ganjar menyatakan salah satu nilai toleransi adalah dengan merawat keberagaman yang ada di Indonesia, sebab itu merupakan bagian warisan berharga yang sudah semestinya diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Munculnya generasi yang memiliki semangat menjunjung tinggi toleransi, maka masa depan bangsa Indonesia bisa terjamin, seperti cita-cita para pahlawan.

Upaya merawat keberagaman dengan menjunjung nilai toleransi dalam kehidupan, kata dia, merupakan hal selalu digelorakan bersama calon wakil presiden Mahfud Md.

"Bangsa ini tidak bisa berjalan sendirian, bangsa ini dibangun dan dilahirkan oleh orang-orang hebat, ada tokoh bangsa maupun tokoh agama, semuanya saling bersatu padu," ujarnya.

Sementara pada kesempatan itu, dia mengingatkan kepada seluruh relawan agar tetap menjaga toleransi soal perbedaan pilihan, apalagi saat ini tahapan tahun politik juga sedang berjalan.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyampaikan perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tak boleh sampai menimbulkan kegaduhan publik hingga merusak rasa persatuan antar anak bangsa.

"Maka kami harapkan khususnya kawan-kawan di Jawa Timur agar melakukannya semakin mantap, bergerak semakin mantap," ucapnya.

Para relawan juga diminta rutin sowan ke para pemuka agama untuk meminta doa, sebagai salah satu ikhtiar meraih kemenangan.

"Tentu ini menjadi penguatan mental kami untuk bisa bergerak bersama rakyat," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024