Jakarta (ANTARA) - Pada hari ke-47 kampanye Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2024 yang jatuh pada hari Sabtu (13/1), ketiga pasang calon pergi menyebar ke penjuru negeri untuk memperkenalkan visi-misi serta program unggulan agar bisa memenangkan suara masyarakat.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan hari pemungutan suara jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dapat anda simak kembali pada hari ke-47 kampanye:

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Calon presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan kembali ke Jakarta untuk melakukan kampanye pada hari ke-47 kampanye atau menyisakan 31 hari menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Sabtu (13/1).

Pada hari sebelumnya, Anies banyak berkampanye di dua pulau sekaligus yakni ke Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, tepatnya ke Sibolga, Sumatera Utara, dan diakhiri dengan kampanye di Jombang, Jawa Timur.

Di Jakarta, mantan gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan mengunjungi Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada pukul 19.00 WIB, untuk menghadiri kegiatan forum yang digelar oleh komunitas Kenduri Cinta bertajuk Podium 2024. Kegiatan tersebut bertempat di area Taman Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

Namun berdasarkan informasi resmi dari tim media Anies-Muhaimin, Anies batal mengikuti agenda tersebut karena memiliki jadwal lain.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar diketahui belum mengeluarkan rilis resmi terkait jadwal kampanyenya hingga Sabtu siang.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto dijadwalkan akan menghadiri konsolidasi partai se Sumatera Utara pada Sabtu (13/1). Ia berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Kualanamu, Medan.

Setelah sampai di Kualanamu, Prabowo menghadiri acara konsolidasi partai di GOR Pancing, Medan sekitar pukul 10.00 WIB, dan dilanjutkan makan siang dan kembali melanjutkan perjalanan menuju Batam.

Di sana Prabowo akan menghadiri konsolidasi partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan relawan di Lapangan Temanggung, Abdul Jamal, Kepulauan Riau.

Setelah itu, Prabowo akan terbang kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 19.30 WIB.

Sementara calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan tidak melakukan kampanye.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengawali kampanyenya dengan blusukan ke Pasar Pucang Anom di Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ganjar dijadwalkan menghadiri Haul ayahanda Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Jalan Ketintang Madya III, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

Selanjutnya, ia mengikuti rapat konsolidasi dengan jajaran Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Timur, calon anggota legislatif partai koalisi, dan relawan Ganjar-Mahfud di Gedung Internationale Credit En Handelsvereeniging "Rotterdam”, Krembangan Selatan, Surabaya.

Ganjar juga dijadwalkan bertemu dengan para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di DBL Arena, Surabaya, dan dilanjutkan dengan berdialog dengan sejumlah milenial dan gen Z di Cafe Bicopi, Surabaya.

Kemudian mengakhiri agenda dengan bersilaturahmi dengan para tokoh lintas agama di DBL Arena, Surabaya.

Sedangkan calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud MD akan melakukan bedah visi dan misi di hadapan sivitas akademika Universitas Hasanuddin (Unhas).

Ia juga menghadiri rapat konsolidasi dengan TPD Ganjar-Mahfud, Keluarga Galesong, dan relawan Ganjar-Mahfud di Restoran Ropang di Jalan Perintis Kemerdekaan Km 12, Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, Mahfud terbang ke Surabaya untuk menghadiri deklarasi dukungan Ganjar-Mahfud oleh relawan Mahfud Guru Bangsa di Gedung Jatim Expo, Surabaya.

Menkopolhukam itu mengakhiri agenda kampanye dengan mendatangi sholawatan bersama Gus Fauzan di Pondok Pesantren Karangdurin, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Baca juga: Timnas AMIN persilakan TKN laporkan Cak Imin jika ada pelanggaran
Baca juga: Prabowo berjanji jaga kekayaan Indonesia
Baca juga: Temui anak muda, Ganjar: Industri kreatif Indonesia harus dikembangkan


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024