Kami sudah keluarkan peringatan cuaca di wilayah NTT
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang melaporkan hujan deras disertai angin kencang berdurasi singkat melanda Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Minggu (14/1) pagi.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sti Nenotek kepada ANTARA di Kupang, Minggu mengatakan bahwa hujan dan angin kencang itu sudah mulai terjadi sekitar pukul 01.00 WITA dan sempat terhenti, kemudian berlanjut lagi pada pukul 04.00 WITA waktu setempat.

“Kami sudah keluarkan peringatan cuaca di wilayah NTT mulai Sabtu sampai dengan Senin nanti,” katanya.

Berdasarkan peringatan dini cuaca itu BMKG stasiun Meteorologi menyatakan bahwa hujan dan angin deras serta angin kencang yang melanda Kota Kupang dan sekitarnya diakibatkan oleh adanya sistem tekanan rendah di wilayah Tenggara NTT tepatnya di Teluk Bonaparte Australia bagian utara.

Hal ini berdampak pada terbentuknya daerah belokan dan pertemuan angin di NTT, serta didukung dengan suhu permukaan laut yang cukup hangat dan kelembaban yang cukup basah di setiap lapisan atmosfer serta aktifnya beberapa gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) dan Rosby.

Hal inilah yang menyebabkan wilayah NTT berpotensi terjadi hujan ringan-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi di NTT pada 17-18 Desember
Baca juga: Hujan deras dan angin kencang terjang kota Kupang saat malam Natal


Ia mengingatkan masyarakat di Kota Kupang dan sekitarnya untuk selalu waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang berdurasi singkat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi serta banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang serta rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curam atau bergunung, pihaknya mengimbau warga setempat untuk mewaspadai potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang.

Dia menambahkan bahwa peringatan dini cuaca untuk wilayah NTT itu berlaku hingga Senin (15/1) besok. Sampai dengan berita ini diturunkan hujan dengan intensitas sedang masih terjadi sementara itu angin dengan intensitas sedang juga masih berlangsung d wilayah Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Baca juga: Angin kencang akibatkan 30 rumah rusak dan pohon tumbang di Kudus
Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat hingga angin kencang di beberapa daerah
Baca juga: BPBD: Angin puting beliung dan longsor landa Sukabumi

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024