Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan alasan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo rajin berkampanye di Jawa Tengah dan Jawa Timur karena di dua provinsi itu pendukungnya banyak menerima intimidasi.

"Mengapa Pak Ganjar (rajin) datang terakhir ini ke Jawa Tengah dan Jawa Timur? Karena di kedua provinsi itu banyak terjadi intimidasi sehingga menggelorakan semangat juang," ujar Hasto di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan bentuk intimidasinya terjadi pada kepala desa.

Menurutnya, sudah bersebaran di media sosial berbagai rekaman yang menunjukkan oknum-oknum TNI, Polri, dan kejaksaan yang menunjukkan ketidaknetralan.

Baca juga: PDIP siap laksanakan kampanye terbuka zonasi Pilpres 2024

Oleh sebab itu, khusus di Jateng yang dikenal sebagai "kandang banteng" alias daerah dengan pemilih tradisional PDIP, Ganjar-Mahfud ditargetkan memperoleh mayoritas suara.

"Kalau kita lihat dari Jawa Tengah, kita targetkan setidaknya 62 persen, itu laporan terakhir dari Mas Bambang 'Pacul' Wuryanto yang sudah melakukan konsolidasi dari tiga pilar partai di Jawa Tengah," jelasnya.

Selain itu, Hasto mengaku telah melakukan analisis sentimen ke tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bersaing pada Pilpres 2024. Data terakhir menunjukkan sentimen positif yang meningkat ke Ganjar-Mahfud.

Baca juga: Ganjar di Jakarta dan Jabar, Mahfud ke Medan pada hari ke-48 kampanye

Dia meyakini sentimen positif ini karena penampilan Ganjar dalam debat ketiga Pilpres 2024 beberapa waktu lalu.

Menurut Hasto, sentimen positif ini karena Ganjar mampu menyampaikan gagasan dengan baik dan tidak terbawa emosi dalam debat itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Yenny Wahid: Anak tukang cilok-anak Presiden harus setara dalam hukum
Baca juga: Ganjar ambil sikap soal intimidasi: Kami juga akan melawan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024