Bantuan ini langsung didistribusikan secara cepat ke keluarga para korban banjir di desa-desa yang kondisinya sekarang ini masih terendam
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, membuka posko donasi untuk membantu warga yang menjadi korban banjir di daerah setempat.

Penjabat (Pj) Bupati Merangin Mukti di Jambi, Minggu, mengatakan posko bantuan ini terbuka untuk umum, artinya siapa saja bisa berdonasi. "Posko bantuan ini untuk membantu korban banjir di puluhan desa di Kabupaten Merangin," kata dia.

Gerak cepat Pemkab Merangin ini, kata dia, mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Bantuan terus berdatangan dari berbagai pihak meliputi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penggerak PKK Kabupaten Merangin, camat, kepala desa, perusahaan di daerah setempat, dan warga.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan sumbangan. Hasil donasi ini, lanjutnya, segera disalurkan kepada korban banjir di puluhan desa.

Adapun bantuan yang masuk melalui posko donasi berupa makanan seperti beras, mie instan, air minum kemasan, roti, dan jenis makanan lainnya.

Baca juga: Pj Bupati Merangin tinjau desa terdampak banjir

"Bantuan ini langsung didistribusikan secara cepat ke keluarga para korban banjir di desa-desa yang kondisinya sekarang ini masih terendam," kata Pj Bupati Mukti.

Distribusi bantuan korban banjir, kata dia, melibatkan seluruh OPD, camat , kepala desa, lurah, dan TNI/Polri yang turun langsung ke lapangan mengantarkan bantuan.

 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat memperkirakan masih akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Merangin.

Untuk itu dia meminta masyarakat, terutama daerah rawan banjir, untuk selalu waspada sebab banjir bandang susulan bisa kembali terjadi jika intensitas hujan semakin meningkat.

Beberapa desa yang mengalami banjir itu antara lain Desa Pulau Rengas, Desa Kunkai, Desa Pulau Bayur, Desa Karang Berahi, dan Desa Jelatan. Banjir juga mengakibatkan infrastruktur jalan, seperti jembatan, roboh.

Baca juga: Warga korban banjir Merangin peroleh bantuan sembako dan air bersih
Baca juga: Evakuasi korban banjir, Wabup Merangin turun langsung ke genangan

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024