Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Tanah Air, Minggu siang, usai menghadiri sejumlah kegiatan di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, sejak Sabtu (13/1).

Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan Presiden Jokowi bertolak menuju Tanah Air sekitar pukul 13.00 waktu setempat melalui Bandara Udara Brunei menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tampak melepas keberangkatan Presiden antara lain Menteri Pertahanan II, Mayjen (Purn) Pehin Halbi bin Mohd. Yussof, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Bandar Seri Begawan Kolonel Arm Doddy Suhadiman beserta istri.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Tanah Air yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Sebelumnya, di Bandar Seri Begawan Presiden Jokowi menghadiri sejumlah agenda, di antaranya resepsi pernikahan atau Royal Bersanding Ceremony putra Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen, dengan Anisha Rosnah atau Anisha Isa-Kabelic di Balai Singgahsana Indera Buana, Istana Nurul Iman, hari ini.

Dilansir dari RTB News, sejumlah kepala negara yang juga hadir hadir dalam resepsi tersebut adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Raja Malaysia Sultan Abdullah, dan Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuck.

Selain itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong hingga Presiden Filipina Ferdinand Bongbong Marcos Jr juga hadir di resepsi pernikahan tersebut.
​​​
Sedangkan pada hari pertamanya di Brunei Darussalam, Presiden Jokowi juga menyempatkan hadir dalam agenda pertemuan bersama Konsorsium Investor Brunei Darussalam untuk memaparkan peluang investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan mengunjungi The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan untuk menyapa sejumlah pengunjung mall, khususnya warga negara Indonesia yang berada di Brunei.

Baca juga: Presiden Jokowi malam mingguan sapa warga Brunei

Baca juga: Presiden Jokowi paparkan peluang investasi IKN kepada pengusaha Brunei

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024