Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat sebanyak 54 pencari kerja asal daerah itu diterima di perusahaan Malaysia dan Jepang selama 2023.
 
"Ke-54 pencari kerja itu bekerja di perusahaan Malaysia 27 orang dan di Jepang 27 orang," kata Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Agam, Helton, didampingi Kabid Produktivitas Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Agam, Yurnawati, Minggu.
 
Ia mengatakan, data ini didapat setelah pencari kerja menginformasikannya ke Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Agam.
 
Namun mereka tidak menjelaskan secara rinci di perusahaan dan posisi apa mereka bekerja.
 
"Jumlah pencari kerja yang diterima bekerja di luar negeri ini meningkat dibanding tahun 2022 yang hanya 14 orang,” katanya.

Baca juga: Disnaker Mataram alokasikan Rp300 juta untuk pelatihan kerja

Baca juga: Menaker: Pelatihan vokasi dilirik pencari kerja

Baca juga: Ribuan pencari kerja padati Job Fair Nasional Kemnaker
 
Ia menambahkan, pencari kerja di Agam yang mendapat penempatan kerja sebanyak 1.327 orang selama 2023. Mereka bekerja baik di Indonesia maupun luar negeri.
 
Selain bekerja di luar negeri, pencari kerja sudah mendapat penempatan kerja di Indonesia juga meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 1.185 orang.
 
"Penempatannya mulai dari pemerintahan hingga perusahaan dan ini kita ketahui dari yang bersangkutan,” katanya.
 
Ia mengakui, meningkatnya pencari kerja yang mendapat penempatan kerja bukti bahwa pencari kerja di Agam layak untuk dipekerjakan.
 
Ke depan ini dapat menekan angka pengangguran di Agam. Untuk itu, ia minta calon pencari kerja untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Agam guna meningkatkan kompetensi sebelum mendaftar pekerjaan.
 
"Kita terus berupaya memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Setiap perusahaan selalu disurati agar bisa menginformasikan lowongan kerja dan diumumkan secara terbuka," katanya.

Baca juga: Kemnaker: Job fair pencari kerja pilih karir sesuai minat-bakat

Baca juga: Disnaker Kabupaten Bekasi gelar pameran bursa kerja virtual

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024