Saat ini kami fokus melakukan antisipasi krisis perubahan iklim dengan melakukan penanaman bibit pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Bangka Belitung...
Bangka Selatan (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggencarkan aksi penanaman pohon dan rehabilitasi mangrove sebagai salah satu upaya antisipasi krisis perubahan iklim.

"Saat ini kami fokus melakukan antisipasi krisis perubahan iklim dengan melakukan penanaman bibit pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Bangka Belitung, yang dilaksanakan di Desa Payung Kabupaten Bangka Selatan," kata Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bidang Pelaksanaan Sustainable Development Goals dan Riset Lingkungan Henry Bastaman di Bangka Selatan, Minggu.

Kegiatan penanaman ini dinilai penting untuk mengantisipasi krisis perubahan iklim di seluruh wilayah Indonesia. Menurut dia, langkah konkrit yang dilaksanakan kali ini sebagai salah satu antisipasi berbagai krisis iklim yang terjadi.

"Setelah sebelumnya kita menghadapi krisis pandemi COVID-19 dan ekonomi, saat ini krisis perubahan iklim juga harus kita kurangi dan Babel menjadi salah satu wilayah yang terkena dampak perubahan iklim," katanya.

Baca juga: Menteri LHK serukan tanam pohon untuk mitigasi udara kotor

KLHK tidak menargetkan jumlah bibit pohon yang ditanam, kata dia, namun seluruh wilayah Indonesia yang memiliki kerentanan perubahan iklim akan dikurangi dampaknya dan sebanyak apapun bibit pohon yang dibutuhkan untuk penghijauan akan dimaksimalkan.

"Tentu saja tidak hanya itu, tapi kami punya target FOLU Net Sink 2030 yang bisa berkontribusi secara signifikan dalam pengurangan dampak perubahan iklim," ujarnya.

Jika dilihat dari indeks kualitas lingkungan hidup, lanjutnya, Babel menjadi salah satu daerah yang cukup baik menjaga lingkungan. Namun jika dilihat dari indikator, salah satunya tutupan lahan, menurut dia, itu perlu dijaga secara sustainable dari berbagai ancaman perusakan lahan.

"Terkait kualitas udara air dan laut itu juga harus tetap dijaga, meskipun Babel sudah cukup baik," katanya.

Baca juga: KLHK lakukan modifikasi cuaca hingga tanam pohon untuk perbaiki udara

Upaya lain KLHK  dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim di seluruh Indonesia, kata dia, dengan melihat langsung dari berbagai aspek kerentanan yang harus dijaga, misalnya di Babel yang sebagian wilayah merupakan pesisir, perlu ditingkatkan tutupan mangrovenya.

"Atas saran Presiden Joko Widodo, 600 ribu hektare mangrove akan kita rehabilitasi di seluruh wilayah, karena itu salah satu upaya mitigasi dari dampak perubahan iklim dan naiknya air laut. Aspek- aspek lain selain perubahan iklim, energi, dan pertanian, juga akan diperhatikan dengan menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Baca juga: Menteri Siti paparkan pencapaian Indonesia kendalikan perubahan iklim

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024