cara bagaimana menangkap lapangan pekerjaan
Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meninjau sejumlah UMKM yang berkolaborasi dalam acara Penguin SeliweRun di Senayan Park, Jakarta Pusat, Minggu.

Dalam acara tersebut, UMKM yang hadir, antara lain Teh GP (Gede Pangrango), Kodesi (Koperasi Desa Sejahtera Indonesia), Uban Man, Distro Ganjar, serta booth ketahanan pangan dan hilirisasi.

"Saya senang karena tadi ada partisipasi dari ketahanan pangan dan hilirisasi petani-petani muda,” ujar Ganjar di lokasi.

Ganjar mengungkapkan pengalamannya saat mengunjungi Teh GP bahwasanya teh di sana memiliki potensi yang sangat besar.

Hal itu patut menjadi contoh dalam ketahanan pangan dengan pemanfaatan pangan pedesaan, hilirisasi produk pertanian dan penguatan dengan perkotaan.

Ganjar mendorong pelaku UMKM untuk terus mengoptimalkan potensi yang ada sehingga bisa menjadi nilai tambah, baik untuk ketahanan pangan maupun untuk UMKM itu sendiri.

"Lalu di sana ada TGP dari Gede Pangrango dan mereka punya teh dengan harga yang sangat mahal. Saya pernah lihat kebunnya sangat kreatif sampai pada cara menyajikannya ada nilai tambah dari mereka jualan teh itu keren banget,” jelas Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu turut menyampaikan terkait kewirausahaan atau entrepreneurship yang harus dimaksimalkan, salah satunya melalui acara seperti Penguin SeliweRun.

Menurutnya, peluang-peluang yang muncul saat mengembangkan bakat menjadi salah satu upaya untuk menangkap lapangan pekerjaan.

"Tadi juga ada anak-anak kreatif yang coba menggali bakatnya dan kemudian dimunculkan kemudian pada dirinya sisi entrepreneurship. Menurut saya ini bagian dari cara bagaimana menangkap lapangan pekerjaan,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo-Gibran menerima dukungan dari Penjahit Indonesia Raya

Baca juga: Repnas pendukung Prabowo-Gibran minta relawan tak terlena hasil survei

Baca juga: Hasto klaim kepala daerah yang tak berpihak ke Prabowo-Gibran dicopot

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024