Ambon (ANTARA) - Ratusan personel Polresta Pulau Ambon dan  Lease disiagakan untuk melakukan pengamanan kunjungan calon presiden(Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan.

"Kunjungannya ke Maluku hari ini dalam rangka agenda kampanye," kata Kapolresta Pulau Ambon Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim di Ambon, Minggu.

Pengerahan ratusan personel ini diawali dengan apel pengecekan pengamanan dipimpin Kapolresta Ambon sejak Sabtu, (13/1).

Dia menegaskan, semua personel wajib mengamankan  kedatangan Capres nomor urut 01 Anies Baswedan.

"Kita tidak melihat siapa dan dari mana tapi tanggung jawab kita mengamankan siapa pun yang datang dan kita wajib mengamankan karena ini wilayah hukum kita," katanya menegaskan.

Proses pengamanan diawali dengan kedatangan istri Capres nomor urut 01 Ny. Fery Anies Baswedan didampingi putrinya Mutiara Anies Baswedan dengan menggunakan pesawat Garuda yang tiba pada pukul 15.28 WIT.

Sementara Capres nomor urut 01 tiba di Kota Ambon pada pukul 22.00 WIT untuk menyampaikan agenda politiknya.

"Semua personel telah kami gelar untuk pengamanan oleh tim satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polresta Ambon mulai dari kedatangan di Bandara Pattimura, Santika Hotel, Masjid Anur, Tial, Aula Xaverius, Masjid Alfatah dan Islamic Center," jelas Kapolresta.

Dia mengaku, ke depan akan ada banyak agenda kunjungan ke Kota Ambon baik Capres maupun Cawapres.

Untuk itu terkait kesiapan pengamanan harus dilakukan secara maksimal sehingga seluruh rangkaian kegiatan baik kunjungan capres dan cawapres dapat berjalan aman dan lancar.

Secara terpisah, Kasi Humas Polresta Pulau Ambon Ipda Janete S Luhukay menyampaikan, dalam kunjungan Capres nomor urut 01 Anies Baswedan, Satgas OMB tetap melakukan pengamanan di sejumlah titik berlangsungnya kegiatan di Kota Ambon nantinya yang akan dimulai besok tanggal 15 Januari 2024.

"Pengamanan terhadap kunjungan Capres nomor urut 01 tersebut dilakukan oleh tim satgas baik preemtif, preventif, maupun kamseltibcarlantas," ujarnya.
Baca juga: Polisi Berkuda dikerahkan untuk pengamanan debat capres
Baca juga: Anies apresiasi Polri tangkap pelaku pengancaman dirinya
Baca juga: Mutiara Baswedan ingin Anies istirahat yang cukup selama kampanye
Baca juga: Jubir AMIN: Anies sudah kunjungi 136 titik selama kampanye

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024