Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong agar pembangunan tambang batu andesit di Wadas dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu, 21 Januari 2024.

"Sebaiknya dibahas (persoalan semen Rembang dan bendungan Wadas dalam debat keempat)," ujar Ganjar di Pos Bloc, Jakarta, Minggu.

Menurutnya, dua proyek pembangunan itu kerap menjadi permasalahan yang digunakan untuk kritik kinerjanya selama menjadi gubernur Jawa Tengah selama 2013-2023. Oleh sebab itu, debat keempat nanti bisa dijadikan ajang klarifikasi.

Dia menjelaskan dua pembangunan yang kerap dikritisi itu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebagai gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Ganjar mengakui harus menyelesaikannya sebagai tanggung jawab.

Meski demikian, dia juga mengaku bersyukur karena dua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap mendapat penolakan hingga kritik. Selain itu, Ganjar merasa ada keputusannya yang pro-lingkungan namun kerap tidak terekspos.

Dia mengaku sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan merupakan PSN.

"(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan," katanya.

Ada sejumlah tema besar yang diangkat pada debat keempat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum mengumumkan lokasi penyelenggaraan debat keempat. Nama moderator dan panelis juga belum disampaikan.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Ganjar bahas ketahanan pangan saat tinjau UMKM di Senayan Park
Baca juga: Ganjar minta masyarakat dilibatkan agar kasus Wadas tak terulang
Baca juga: Lari di Penguin Sliwerun, Ganjar: Saya senang ada UMKM pertanian 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024