Jakarta (ANTARA) - Pemain terbaik Afrika Victor Osimhen mencetak gol penyama kedudukan saat Nigeria ditahan imbang 1-1 oleh Equatorial Guinea pada pertandingan Grup A Piala Afrika, di Abidjan, Minggu.

Osimhen mencetak gol pada babak pertama, tidak lama setelah Iban Edu memecah kebuntuan untuk Equatorial Guinea. Hasil imbang membuat kedua tim masing-masing mendapatkan satu poin, tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen dan tuan rumah Pantai Gading.

Piala Afrika 2023 dimulai pada Sabtu (13/1), di mana Pantai Gading menang 2-0 atas Guinea-Bissau di stadion yang sama, demikian dikutip dari AFP.

Nigeria unggul 46 strip atas Equtorial Guinea pada daftar peringkat dunia FIFA. Mereka diharapkan akan memulai penampilannya di Piala Afrika dengan kemenangan.

Dengan begitu banyaknya perhatian kepada Osimhen, sang bintang hampir mencetak gol pada menit kelima. Sayangnya kali ini sepakan penyerang Napoli itu justru melambung di atas mistar gawang Equatorial Guinea.

Peluang berikutnya milik Nigeria didapat dari umpan silang mendatar yang disambut Zaidu Sanusi di tiang jauh, tetapi tembakannya masing melambung.

Seiring berjalannya waktu, Equtorial Guinea mampu beradaptasi lebih baik. Mereka bahkan mampu memecah kebuntuan pada menit ke-36, melalui gol Ivan Salvador Edu. Edu mendapat operan di dapat kotak penalti dari Jose Machin, dan menggunakan kaki kirinya untuk mengarahkan bola ke sudut melewati kiper Stanley Nwabali.

Nigeria bereaksi dengan cepat, dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-28. Ademola Lookman mengirim umpan silang, dan sosok yang membawa Napoli menjuarai Liga Italia itu mengarahkan bola ke sudut jauh.

Pada babak kedua, kiper Equtorial Guinea Jesys Owono menjadi sangat sibuk. Ia pun beberapa kali menggunakan kakinya untuk menggagalkan sejumlah peluang Nigeria.

Namun situasi tidak membaik bagi Nigeria ketika gelandang Alhassan Yusuf harus meninggalkan lapangan karena cedera.

Osimhen membuang peluang bagus untuk membawa timnya memimpin pada menit ke-76. Tetapi kali ini, meski berhadapan satu lawan satu dengan kiper Eweno, sepakannya masih melebar.

  Daftar susunan pemain:

Nigeria: Standley Nwabali, Ola Aina, Troost-Ekong, Semi Ajayi, Zaldu Sanusi, Alex Ewobi, Frank Onyeka, Alhassan Yusuf, Moses Simon, Victor Osimhen, Ademola Lookman

Pelatih: Jose Peseiro

Equatorial Guinea: Jesus Owono, Carlos Akapo, Saul Coco, O. Fernandez, Basilio Ndong, Pablo Ganet, Federico Bikoro, Ivan Salvador Edu, Jose Machin, Jannick Buyla, Emilio Neue

Pelatih: Juan Micha

Baca juga: Pantai Gading buka Piala Afrika dengan tundukkan Guinea-Bissau 2-0

Baca juga: Inilah data dan fakta menarik seputar Piala Afrika 2024


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024