Kisah Cahaya dari Timur yang menceritakan bahwa sepak bola bisa mempersatukan golongan-golongan masyarakat.
Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden RI Anies Baswedan berjanji akan membangun lapangan-lapangan yang berstandar FIFA di tengah-tengah perkampungan di Maluku demi memunculkan bibit-bibit pesepak bola kelas dunia.
 
Menurut dia, sepak bola sudah menjadi budaya yang mempersatukan di Maluku, khususnya Ambon.

Sampai-sampai, kata dia, ada kisah Cahaya dari Timur yang menceritakan bahwa sepak bola bisa mempersatukan golongan-golongan masyarakat daerah tersebut.
 
"Kami akan membangun lapangan-lapangan sepak bola di kampung-kampung yang berstandar FIFA. Rumputnya berstandar FIFA, jangan diganti rumputnya ya. Tolong jangan diganti-ganti karena ganti-ganti itu bikin repot nantinya," kata Anies dalam kegiatan Desak Anies di Ambon, Maluku, yang dipantau dari Jakarta, Senin.
 
Ditegaskan pula bahwa lapangan tersebut dibangun di kampung-kampung agar anak-anak dari keluarga yang belum sejahtera pun bisa gunakan lapangan tersebut.

Lapangan berstandar FIFA yang akan dilengkapi dengan tribun itu, kata Anies, akan gratis untuk siapa pun.
 
Menurut dia, sejauh ini anak-anak yang bisa menggunakan lapangan berstandar FIFA hanya berasal dari keluarga yang mampu.

Maka dari itu, dia ingin negara hadir untuk memfasilitasi masyarakat yang kurang mampu tersebut.
 
Dalam hal itu, dia mencontohkan hal tersebut di Jakarta ketika menjadi gubernur. Lapangan-lapangan berstandar FIFA itu dibangun di tengah-tengah perkampungan padat.
 
"Kami berikan tulisan amat besar bahwa lapangan ini tidak untuk dikomersialkan. Lapangan ini untuk dipakai untuk rakyat kebanyakan," katanya.
 
Apabila nantinya lapangan telah terbangun, dia juga ingin sebuah kompetisi berjenjang terselenggara sepanjang tahun dan konsisten penyelenggaraannya setiap tahun.

Dengan kompetisi, Anies yakin bibit pemain hebat akan bermunculan.
 
"Harapannya potensi anak Maluku akan tumbuh dan bisa membawa nama baik Maluku dan Indonesia," kata dia.

Baca juga: Anies bahas rencana pembangunan Maluku saat kampanye di Ambon besok
Baca juga: Anies soal strategi tekan kelangkaan pupuk: Prioritaskan domestik dulu

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024