Bogor (ANTARA) -  Para pekerja terampil di sebuah pabrik tradisional di Bogor, Jawa Barat, membuat ikan lele iris asap. Mereka meletakkan irisan ikan di atas alat pemanggang, menatanya dengan rapi, dan mengasapinya dengan kayu bakar, sehingga mengawetkan dan menambah cita rasa pada produk akhir.

Pabrik tradisional ini memproduksi hingga 500 kilogram ikan lele iris asap setiap harinya untuk konsumsi domestik serta untuk ekspor ke Malaysia dan Nigeria.

Berikut ini sekilas pembuatan ikan lele iris asap tersebut yang terekam lensa kamera.
 
Seorang pekerja mengumpulkan ikan lele iris asap dari alat pemanggang di sebuah pabrik tradisional di Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada 10 Januari 2024. (Xinhua/Agung Kuncahya B.)
 
Seorang pekerja menyiapkan ikan lele untuk dibuat irisan asap di pabrik tradisional di Bogor, Jawa Barat, pada 10 Januari 2024. (Xinhua/Agung Kuncahya B.)
 
Seorang pekerja menyiapkan kayu bakar untuk mengasapi irisan ikan lele di pabrik tradisional di Bogor, Jawa Barat, pada 10 Januari 2024. (Xinhua/Agung Kuncahya B.)
 
Seorang pekerja menata ikan lele di atas alat pemanggang untuk membuat ikan lele iris asap di sebuah pabrik tradisional di Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada 10 Januari 2024. (Xinhua/Agung Kuncahya B.)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024