Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjajaki kerja sama dengan Singapura di berbagai bidang, mulai dari perdagangan, transportasi hingga penguatan sumber daya manusia (SDM).

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan Kota Bandung memiliki sejarah panjang dalam hal kerja sama bersama Singapura yang telah terjadi sejak tahun 2014.

"Saya punya harapan besar jika kerjasama ini bisa berlanjut baik, terutama dalam aspek transportasi, ekonomi, lingkungan, sosial, dan lain sebagainya. Kompleksitas Kota Bandung bisa menjadi potensi kerjasama bagi Singapura, salah satunya adalah melalui produk UMKM," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Senin.

Bambang menyebutkan pada bidang perdagangan, Kota Bandung memiliki lebih dari 10.000 produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang membutuhkan untuk dicarikan pangsa pasarnya di Singapura.

"Jadi kami berharap kerja sama ini bisa menghasilkan informasi mengenai pangsa pasar dan sertifikasi yang harus dipenuhi oleh UMKM jika ingin memperluas jangkauan ke Singapura," kata Bambang.

ia menambahkan dengan adanya kerja sama pelatihan SDM bagi instansi pemerintah, akan meningkatkan pelayanan sebagai penyelenggara pelaksana publik.

“Dengan adanya pelatihan dari Singapura bisa menambah pengetahuan dari para pejabat atau pelaksana pelayanan publik," katanya.

Selain pada bidang perdagangan dan peningkatan SDM, katanya, kerja sama dengan Singapura juga diharapkan dapat menemukan solusi terkait permasalahan transportasi.

"Kemudian ada juga kemacetan, permasalahan ini juga penting untuk kita bahas,” kata dia.

Lebih lanjut, dia berharap kerja sama dengan Pemerintah Singapura dalam berbagai bidang tersebut bisa menemui kesepahaman, agar dapat segera terlaksana.

“Saya rasa bisa dikolaborasikan. Tinggal kita tentukan saja yang mana menjadi prioritas. Pemkot akan coba menyaring terlebih dahulu mana sekiranya yang akan dikerjasamakan di tahun ini dan ke depannya bersama Pemerintah Singapura,” kata Bambang.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Luar Negeri Singapura, Melvyn Foo mengatakan banyak hal kompleks yang bisa menjadi potensi kolaborasi ke dengan Kota Bandung kedepannya. Ia berharap hal tersebut merupakan pertanda baik dalam kerja sama kedua belah pihak.

"Hal-hal kompleks yang ada, menggambarkan jika Kota Bandung memiliki potensi yang besar. Ini pertanda yang baik untuk kita bisa menjalin banyak kerjasama. Semoga bisa berjalan lancar kerjasama ini untuk ke depannya," kata dia.

Baca juga: Singapura dilirik petani ubi di Bandung

Baca juga: Bupati: Ekspor kentang jadi momen kebangkitan petani di Bandung


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024