Jakarta (ANTARA) - Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Kang-in Lee dengan dua golnya memimpin kemenangan Korea Selatan (Korsel) 3-1 atas Bahrain di partai perdana Grup E Piala Asia 2023 Qatar di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin.

Kang-in Lee mencatatkan namanya ke papan skor dua kali (56’, 68’) setelah In-Beom Hwang (38’) dan pemain Bahrain Abdullah Al Hashash (51’) mencatatkan nama mereka terlebih dahulu ketika skor sama kuat 1-1.

Pada laga tersebut, Korea Selatan mampu menguasai pertandingan di babak pertama. Anak-anak asuh Jurgen Klinsmann itu menciptakan peluang-peluang berbahaya, tetapi hingga setengah jam babak pertama berjalan, mereka tidak sanggup mencetak gol.

Setelahnya, Taeguk Warriors mampu pecah telur ketika In-Beom Hwang menjadi pencetak gol pertama tim di Piala Asia 2023.

Pesepak bola yang bermain untuk Red Star Belgrade itu mencetak gol setelah memanfaatkan umpan tarik rekannya yang gagal dihalau bek Bahrain. Skor 1-0 untuk keunggulan Korea Selatan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Bahrain mengambil inisiatif permainan. Kamil Al Aswad mengancam gawang Kim Seung-gyu pada menit ke-50, tetapi masih gagal merobek jala. Satu menit kemudian, barulah sepakan kaki kanan jarak dekat Abdullah Al Hashhash membuahkan gol penyama kedudukan. Skor berubah menjadi 1-1.

Kemasukan gol membuat Son Heung-min dan kawan-kawan terbangun dari tidur sesaatnya. Inisiatif serangan langsung diambil alih dan hasilnya tendangan jarak jauh Kang-in Lee merobek gawang Bahrain yang dijaga Ebrahim Lutfalla. Skor pun berubah 2-1 untuk keunggulan Korea Selatan.

Baca juga: Iran amankan kemenangan meyakinkan atas Palestina 4-1

Korea Selatan semakin percaya diri setelah menemukan kembali permainan terbaiknya pada laga ini dan bintang PSG itu semakin menjadi-jadi ketika aksi individualnya memperdaya Lutfalla untuk kedua kalinya pada menit ke-68.

Skor berubah 3-1 dan tidak ada tambahan gol di sisa babak kedua. Korea Selatan membuka laga perdana di Piala Asia 2023 dengan manis karena kemenangan ini mengantarkan mereka menduduki posisi teratas klasemen sementara Grup E dengan tiga poin. Sementara Bahrain menjadi juru kunci tanpa memperoleh poin dan minum dua gol di selisih gol mereka.

Susunan pemain kedua tim:
Korea Selatan: Kim Seung-gyu, Seol Young-woo, Jung Seung-hyun, Kim Min-jae, Lee Ki Je, Lee Kang-in, Park Yong Woo, Hwang In-Beom, Lee Jae-Sung, Son Heung-min, Cho Gue-sung
Pelatih: Jurgen Klismann

Bahrain: Ebrahim Lutfalla, Hazaa Ali, Amine Benaddi, Waleed Al-Hayyam, Mohamed Adel, Mohamed Jasim, Moses Atede, Mohammed Al-Hardan, Ali Madan, Abdullah Al Hashash, Kamil Al-Aswad
Pelatih: Juan Antonio Pizzi

Klasemen sementara Grup E Piala Asia 2023 Qatar:

No Negara Main Menang Seri Kalah Poin Gol Kemasukan Selisih Gol
1 Korea Selatan 1 1 0 0 3 3 1 2
2 Jordania 0 0 0 0 0 0 0 0
3 Malaysia 0 0 0 0 0 0 0 0
4 Bahrain 1 0 0 1 0 1 3 -2

Baca juga: Jepang bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-2 atas Vietnam
Baca juga: Timnas asah kekompakan pemain H-1 jelang hadapi Irak

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024