Secara keseluruhan hasilnya sudah cukup baik. Hanya ada beberapa hal minor yang perlu disempurnakan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat meminta kontraktor untuk segera memperbaiki sejumlah kekurangan minor atas trotoar di tiga lokasi kawasan Menteng yang baru selesai direvitalisasi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting melakukan tinjauan lapangan untuk memastikan proses revitalisasi trotoar tersebut sudah rampung dan terlaksana dengan baik.

"Secara keseluruhan hasilnya sudah cukup baik. Hanya ada beberapa hal minor yang perlu disempurnakan," kata Bakwan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin.

Adapun ketiga trotoar atau bahu jalan yang direvitalisasi berada di Jalan Yusuf Adinata, HOS Cokroaminoto, dan Jalan H. Agus Salim.

Menurut Bakwan, sejumlah hal minor yang perlu disempurnakan mencakup mulut saluran di sejumlah titik jalan yang tertutup sisa material pembangunan.

Kondisi tertutup mulut saluran air akan memicu genangan saat terjadi hujan lantaran air dari jalan tidak bisa mengalir ke saluran.

Kemudian, ada juga penutup saluran di atas trotoar yang mengalami kerusakan.

Kabel-kabel yang menjuntai juga terlihat belum dilakukan pemotongan sehingga dapat mengganggu kenyamanan warga yang melintas.

"Kami sudah meminta agar pelaksana proyek segera menindaklanjuti. Nanti kita juga akan cek di beberapa lokasi lain seperti di Jalan Kesehatan," kata Bakwan.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat Mohammad Soleh mengatakan bahwa pekerjaan revitalisasi trotoar dilaksanakan oleh kontraktor pihak ketiga.

Pekerjaan fisik trotoar dimulai sejak Juli 2023 hingga November 2023 lalu.

"Tadi pihak kontraktor sudah menyanggupi, lagi pula statusnya ini masih dalam status perawatan. Kami hanya mengawasi dan memastikan terlaksana baik," kata Soleh.
Baca juga: Jaksel rampungkan penataan trotoar di Petogogan dan Tebet Barat
Baca juga: Jalur sepeda diusulkan menyatu dengan pejalan kaki di trotoar
Baca juga: Legislator minta DKI selaraskan penataan SJUT dan revitalisasi trotoar

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024