Jakarta (ANTARA) - Aljazair ditahan imbang Angola 1-1 pada laga pembukaan mereka di Piala Afrika 2024 di Stade de la Paix Bouake, Pantai Gading, Senin waktu setempat atau Selasa dini hari WIB

Baghdad Bounedjah membawa Aljazair memimpin pada menit ke-18, dan sang penyerang sempat mencetak gol yang tidak disahkan karena offside beberapa menit setelahnya, demikian catatan laman resmi Piala Afrika.

Meski cukup mendominasi permainan, Aljazair gagal menggandakan keunggulan mereka sepanjang babak kedua. Justru pemain pengganti Angola Cristovao Mabululu mengemas gol penyama kedudukan melalui eksekusi penalti pada menit ke-68.

Aljazair yang merupakan juara Piala Afrika 1990, menyusul Nigeria, Mesir, dan Kamerun sebagai tim-tim papan atas yang gagal memenangi pertandingan pembukaannya di turnamen ini.

Sebaliknya, Angola akan cukup senang dengan raihan satu poin. Bahkan meski hasil tersebut berarti mereka sekarang telah gagal memenangi satu pun dari sembilan pertandingan terakhirnya di Piala Afrika, yang telah terjadi sejak 2012.

Aljazair yang dilatih Djamel Belmadi ingin membuktikan sesuatu setelah mereka hanya mendapat satu poin dan mengemas satu gol saat tampil sebagai juara bertahan Piala Afrika pada 2022 di Kamerun.

Mereka mengawali laga di Stade de la Paix dengan cukup bagus. Youcef Belaili memberikan bola bagus ke belakang pertahanan Angola untuk dikonversi menjadi gol oleh Bounedjah, dengan penyelesaian tanpa mengontrol bola dengan bagian luar kaki kanannya.

Bounedjah sempat mencetak gol keduanya pada menit ke-25 saat ia memperlihatkan kemampuannya untuk mengontrol bola dengan dadanya di kotak penalti, dan melepaskan sepakan salto. Namun kegembiraan Bounedjah hanya berusia singkat sebab setelah itu hakim garis mengangkat bendera pertanda offside.

Sebaliknya Angola justru mendapat hadiah penalti karena Nabil Bentaleb menjatuhkan Mabululu di kotak terlarang. Mabululu sendiri yang bertindak sebagai algojo, dan sepakannya sempat mengenai bagian bawah mistar gawang sebelum memantul dan masuk melewati garis gawang.

Dengan mantan bintang Manchester City Riyad Mahrez yang gagal memberikan dampak besar, Angola mampu mempertahankan hasil imbang.

Dua tim Grup D lainnya, yakni Burkina Faso dan Mauritania, akan bertemu pada Selasa, juga di Bouake.


Baca juga: Guinea tahan imbang Kamerun meski akhiri laga dengan sepuluh pemain
Baca juga: Pemain 20 tahun bawa Senegal menangi laga perdana di Piala Afrika 2024
Baca juga: Mohamed Salah selamatkan Mesir, Ghana takluk dari Tanjung Verde
Baca juga: Nigeria ditahan imbang 1-1 oleh Equatorial Guinea pada laga pembukaan


  Daftar susunan pemain:

Aljazair: Anthony Mandrea, Youcef Atal, Aissa Mandi, Ramy Bensebaini, Rayan An-Nouri, Ismael Bennacer, Nabil Bentaleb, Riyad Mahrez, Fares Chaibi, Youcef Belailli, Baghdad Boundjah

  Pelatih: Djamel Belmadi

  Angola: Adilson Neblu, Jonathan Bustu, Kialonda Gaspar, Kinito, Nurio Fortuna, Show, Bruno Paz, L.A. Augusto, Fredy, Zito Luvumbo, Gelson Dala

  Pelatih: Pedro Soares Goncalves

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024