Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memilih berkantor seperti biasa di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, dan cawapres Gibran Rakabuming Raka blusukan di Warakas, Jakarta Utara, pada hari ke-50 kampanye Pilpres 2024, Selasa.

Gibran, yang mengambil cuti dari jabatannya sebagai wali kota Surakarta, memulai kampanye di Warakas sekitar pukul 10.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun ANTARA, sejauh ini Prabowo belum dijadwalkan menghadiri agenda kampanye.

Walaupun demikian, beberapa kelompok masyarakat pada Selasa siang akan menggelar acara deklarasi dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran di kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta Selatan, Jakarta.

Baca juga: Prabowo-Gibran akan tambah anggaran riset di perguruan tinggi

Acara deklarasi pertama digelar oleh Barisan Persatuan Indonesia pada pukul 14.00 WIB, dilanjutkan dengan deklarasi oleh Relawan Pasukan Gemoy Indonesia (Pagi) pada pukul 16.00 WIB.

Hingga berita ini ditulis, tim media Prabowo maupun Gibran atau Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran belum juga menjawab pertanyaan mengenai kehadiran Prabowo atau Gibran pada dua acara deklarasi tersebut.
​​​​​​​
Sementara itu, informasi soal jadwal kampanye Gibran di Warakas, Selasa, diberikan oleh Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf, yang rutin mendampingi setiap agenda kampanye putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran datangkan Dewa 19, hibur masyarakat Magelang

Prabowo dan Gibran saat ini masih aktif sebagai pejabat publik, yaitu Prabowo sebagai menteri pertahanan dan Gibran sebagai wali kota Surakarta.

Oleh karena itu, keduanya sering kali memanfaatkan masa selepas jam kerja untuk berkampanye. Pasangan itu juga memanfaatkan akhir pekan untuk berkeliling bertemu warga, konsolidasi para pendukung, dan sosialisasi program-program mereka ke masyarakat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Selepas kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ketua DPD Gerindra Jateng sebut pilpres satu putaran putus perpecahan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024