Abidjan (ANTARA) - Ribuan penduduk yang tinggal di daerah-daerah terpencil di Pantai Gading dan negara-negara Afrika lainnya kini dapat menyaksikan pertandingan di rumah-rumah mereka ketika Piala Afrika (Africa Cup of Nations/AFCON) dimulai pada Sabtu (13/1), berkat layanan siaran yang disediakan oleh StarTimes, operator televisi digital China.

Sebuah proyek yang bertujuan untuk menghubungkan 10.000 desa di Afrika dengan layanan televisi satelit diusulkan dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama China-Afrika (Forum on China-Africa Cooperation/FOCAC) di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 2015.

Pada Desember 2023, proyek yang dilaksanakan oleh StarTimes ini telah membantu 9.512 desa di 20 negara Afrika menerima sinyal televisi digital. Lebih dari 190.000 rumah tangga mendapatkan manfaat langsung dari proyek ini.
 
Sebuah perangkat receiver televisi satelit terlihat di sebuah atap di Desa Yaou, Pantai Gading, pada 14 Januari 2024. (Xinhua/Han Xu)
 
Orang-orang menyaksikan pertandingan Piala Afrika (Africa Cup of Nations/AFCON) 2023 dengan bantuan proyek televisi satelit China di Desa Yaou, Pantai Gading, pada 14 Januari 2024. (Xinhua/Han Xu
 
Seorang teknisi menyetel peralatan TV satelit di Desa Yaou, Pantai Gading, pada 14 Januari 2024. (Xinhua/Han Xu).

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024