Kami ingin menginspirasi orang-orang dengan keindahan sains, terutama untuk menarik minat anak muda
Jenewa (ANTARA) - Organisasi Penelitian Nuklir Eropa (CERN) akan merayakan hari jadinya yang ke-70 tahun ini, dengan menggelar serangkaian acara yang bertujuan untuk menarik minat generasi muda dan membuat sains lebih mudah diakses.

"Kami ingin menginspirasi orang-orang dengan keindahan sains, terutama untuk menarik minat anak muda, karena masyarakat sangat membutuhkan talenta-talenta baru. Kami juga ingin berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi sains di masyarakat saat ini," kata Direktur Jenderal CERN Fabiola Gianotti pada Senin (15/1).
 
 Sejumlah orang mengunjungi pameran sains mengenai kegiatan Organisasi Penelitian Nuklir Eropa (CERN) di Kuwait, pada 11 November 2019. (Xinhua/Asad) 

Dengan tema "70 Tahun CERN: Menginspirasi Masa Depan" (CERN at 70: Inspiring the Future), enam acara publik akan diadakan pada paruh pertama tahun ini, yang akan berakhir pada 1 Oktober mendatang dengan acara penutupan.

Acara pertama akan diadakan pada 30 Januari. Sebuah pertemuan bertajuk "Menyingkap Alam Semesta" (Unveiling the Universe) akan dipandu oleh para seniman dan ilmuwan terkemuka.

Sebagai tempat bagi Large Hadron Collider, yang merupakan akselerator partikel terkuat di dunia, CERN berfungsi sebagai platform kolaboratif dalam penelitian fisika nuklir dan partikel.

Guna menarik talenta muda global dan memungkinkan pencapaian-pencapaian CERN dapat diakses oleh semua orang, program-program yang ditargetkan telah dibentuk untuk melibatkan para mahasiswa dan sarjana di bidang fisika, komputasi, dan teknik, kata Gianotti.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024