Pontianak (ANTARA) - Perusahaan lokal dari Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar) yakni PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) melalui start-up Topindoku yang fokus mendukung UMKM akhirnya bisa melantai di Bursa Efek Indonesia.

"Kami sangat menyambut baik dan ini angin segar bagi dunia pasar modal khususnya dari Kalbar," ujar Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Kalbar Taufan Febiola di Pontianak, Selasa.

Ia menyebutkan TOSK menjadi perusahaan kedua di Kalbar yang bisa melantai di BEI. Menurutnya Topindoku yang dinakhodai anak muda bisa menjadi kebanggaan Kalbar.

"Ini momen perubahan ekonomi dan tonggak di Kalbar bahwa anak muda bisa berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT TOSK Tbk Seiko Manito mengatakan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihaknya sebagai startup pertama asal Kalbar yang mencatatkan sahamnya pada BEI.

"IPO kami bukan hanya tentang perkembangan perusahaan, tetapi juga tentang mendukung dan memberdayakan UMKM. Kami percaya bahwa akses permodalan yang lebih besar akan memungkinkan kami untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada UMKM, memfasilitasi inovasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,”kata dia.

Ia menjelaskan bahwa melalui platform Topindoku, bukan hanya menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan tapi juga memberikan dampak positif secara sosial. Perusahaan menawarkan berbagai produk virtual seperti pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, produk FMCG (Fast Moving Consumer Good), dan lainnya.

"Sasaran utama perusahaan adalah pelaku UMKM seperti warung atau kedai yang menjadi mitra perusahaan. Topindoku bertujuan memberdayakan dan mendukung pelaku usaha UMKM di pasar tradisional, sehingga mereka dapat bersaing di era pasar modern dan meningkatkan kualitas hidup," kata dia.

Dengan lebih dari 1.000.000 pengguna, serta Gerai dan Top Up Point yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, Topindoku membuktikan bahwa transformasi digital dapat menjadi kekuatan besar untuk membawa UMKM Indonesia ke tingkat berikutnya. Sebagai perusahaan start-up yang didirikan pada tahun 2018, PT Topindo Solusi Komunika Tbk telah menunjukkan bahwa inovasi teknologi dapat menjadi kunci untuk membuka pintu kesuksesan bagi UMKM di Indonesia.

"Melalui langkah besar dalam IPO dan komitmennya untuk terus memajukan sektor UMKM, Topindoku mewakili harapan bahwa masa depan UMKM Indonesia akan semakin cerah dan mampu bersaing dalam era digital," kata dia.

 

Pewarta: Dedi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024