Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan berjanji akan membangun rumah layak huni di Kampung Rufei, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

"Salah satunya adalah kampung ini kita ingin, agar menjadi kampung yang layak huni," katanya saat bertemu warga Kampung Rufei, Selasa.

Anies menjelaskan dia telah berdialog dengan warga kampung dari Suku Kokoda. Mereka tinggal di rumah panggung, di tepi laut yang terbuat dari kayu dan jauh dari memadai.

"Rumah-rumah yang secara kesehatan pun tidak bisa disebut layak," ungkapnya.

Lanjut Anies, kepala suku dan ketua RT setempat mengatakan kepada dia, bahwa mereka tidak perlu lagi menceritakan kondisi warga.

"Kami tidak perlu menceritakan, karena bapak sudah liat sendiri dan bapak sudah tau kondisinya dan memang itu yang harus diubah," kata Anies menirukan kembali ucapan warga Kampung Rufei.

Dengan kondisi itu kata Anies, menjadi contoh bahwa perubahan itu harus dilakukan. Papua negeri yang sangat kaya alamnya kata dia, tetapi masih banyak keluarga, bahkan di kota sekalipun bagian dari Kota Sorong yang kebutuhan dasarnya belum terpenuhi yaitu rumah yang layak.

Lanjut Anies, aspirasi lain yang disampaikan warga yakni persoalan lahan, keinginan warga untuk mempunyai fasilitas tambahan seperti musholla dan tempat pelayanan.

"Yang menarik di sini, walaupun rumah sangat sederhana bahkan bisa dibilang jauh dari layak, tapi ini contoh hidup bersama dengan rukun," katanya menegaskan.

Menurut dia, dalam satu rumah bisa ditinggali lima kepala keluarga (KK). Lima KK itu, bisa agamanya berbeda, bisa dua beragama islam, tiga beragama Kristen atau sebaliknya. Mereka tinggal serumah dalam suasana yg rukun dan damai.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies siap teruskan program yang baik dari presiden sebelumya

Baca juga: Pakar: Koalisi Anies-Ganjar berpeluang besar menangi pilpres

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024