Pada Pemilu 2019 Partai Demokrat hanya bisa mendapatkan lima kursi DPR RI dari Provinsi Jateng.
Kudus (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) menargetkan mendapatkan 10 kursi DPR RI dari 10 daerah pemilihan (dapil) di Jawa Tengah pada Pemilu 2024.

"Pada Pemilu 2019 Partai Demokrat hanya bisa mendapatkan lima kursi DPR RI dari Provinsi Jateng. Maka, pada Pemilu 2024 targetnya bisa terisi semua di 10 dapil tersebut," kata AHY ditemui usai berkampanye di gedung serbaguna Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, Selasa.

Untuk itulah, pihaknya bersama jajaran pengurus pusat dan daerah, termasuk Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun gunung ke Kabupaten Temanggung berikhtiar untuk mendapatkan dukungan penuh rakyat.

"Kami bersama SBY membantu berjuang bersama seluruh kader dan calon anggota legislatif Partai Demokrat akan terus bergerak di Jateng karena punya harapan dan target optimistis raihan suara meningkat, termasuk jumlah kursinya," ujarnya.

Ketika Partai Demokrat kembali ke pemerintahan dan makin kuat di parlemen, baik DPR RI, DPRD provinsi,  maupun DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia,pihaknya akan melanjutkan program-program pro rakyat yang sudah digagas dan dijalankan sejak pemerintahan SBY.

"Sebagian dijalankan pada masa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo. Akan tetapi, kami juga ingin memperjuangkan hal-hal yang belum baik untuk diperbaiki bersama," ujarnya.

Ia lantas menyebutkan isu terkait dengan peningkatan kesejahteraan rakyat, termasuk mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, serta meningkatkan daya beli masyarakat.

"Secara khusus, tentunya masalah pupuk karena sangat dibutuhkan petani sehingga harus diberikan perhatian dan bantuan berupa pupuk bersubsidi yang murah dan terjangkau," ujarnya.

Demikian halnya, lanjut dia, terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga ingin diperkuat melalui bantuan modal bergulir dengan baik.

Baca juga: SBY: 'Kursi' yang sudah ada tolong dipertahankan
Baca juga: AHY: Generasi muda harus tetap tertarik terhadap isu terkini


Pemilu Anggota Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu Anggota Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pemilu anggota legislatif 2024, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024