Jadi dia (Vietnam) akan kirim beberapa perusahaan yang akan investasi di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan (Men-KP) Sakti Wahyu Trenggono menyebutkan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam di bidang perikanan yang disepakati pada Jumat (12/1) akan menciptakan peluang investasi ke Indonesia untuk budi daya lobster.

"Jadi dia (Vietnam) akan kirim beberapa perusahaan yang akan investasi di Indonesia. Ketika mereka investasi di Indonesia kita akan mendapatkan transfer teknologi, etos kerja, dan lain sebagainya," kata Trenggono saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa.

Melalui kerja sama itu, menurut Trenggono, Indonesia akan menjadi rantai pasok dari budi daya lobster global.

"Karena kita punya limpahan (benih lobster) kalau tidak diambil mati, kita manfaatkan supaya punya nilai ekonomi," ujar Trenggono.

Akan tetapi, pihaknya belum mengungkapkan nilai investasi dan perusahaan investor yang terlibat dalam investasi budi daya lobster tersebut. Menurut Trenggono, jika kerja sama tersebut dijalankan, maka akan menumbuhkan perekonomian dan pendapatan negara secara signifikan.

Selain kerja sama dalam bidang budi daya lobster, Trenggono menuturkan poin kerja sama dengan Vietnam berikutnya adalah terkait batas wilayah laut kedua negara.

"Jelas dulu batas wilayah di Laut China Selatan. Di situ mereka sebutnya Laut Timur, kita nyebutnya Natuna Utara. Kalau mereka (kapal nelayan Vietnam) ngelewat sedikit kita halau saja, tidak usah kita tangkap," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyepakati kerja sama di sektor perikanan dengan Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam Le Minh Hoan pada Jumat (12/1).

Trenggono yang mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Vietnam ini, menerangkan lingkup kerja sama mencakup banyak lini dari sektor hulu hingga hilir di antaranya pembangunan perikanan tangkap dan budi daya berkelanjutan, penjaminan kualitas dan keamanan produk perikanan, investasi, hingga pengolahan, promosi, dan perdagangan produk perikanan.

Kerja sama dengan Vietnam termasuk pada perlawanan terhadap praktik illegal, unreported, unregulated fishing, pertukaran informasi data perikanan, transfer teknologi dan pertukaran ahli, hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Baca juga: MOU dengan Vietnam, Perbesar Peluang Indonesia Jadi Bagian Rantai Pasok Lobster Global
Baca juga: Indonesia - Vietnam Jalin Kerja Sama Perikanan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024