'Security system' kita, keamanan siber kita, rasanya memang perlu mendapatkan perhatian
Batang (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pemerintah menjaga keamanan siber untuk menghindari terjadinya peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Security system kita, keamanan siber kita, rasanya memang perlu mendapatkan perhatian," kata Ganjar Pranowo, di sela-sela diskusi dengan guru PAUD Kabupaten Batang di Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: Akun Instagram Mahfud Md diretas sejak Selasa siang

Baca juga: Ganjar sampaikan akun Instagram Mahfud Md berhasil dipulihkan


Hal tersebut menanggapi insiden peretasan yang terjadi pada akun Instagram Menko Polhukam sekaligus calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD.

Menurut dia, jika akun media sosial seorang pejabat seperti Mahfud Md dapat di-retas, maka dikhawatirkan ada kerentanan siber yang berisiko terjadinya peretasan pada akun-akun lain.

"Kalau sudah seperti Pak Mahfud saja bisa di-retas, jangan-jangan yang lain juga mudah, maka ini PR (pekerjaan rumah) penting," kata Ganjar Pranowo.

Baca juga: TPN benarkan Instagram Mahfud diretas, unggah video tentara Israel

Baca juga: Pakar: KAI harus pertimbangkan aspek keamanan siber terkait peretasan


Sebelumnya, akun pribadi media sosial Instagram milik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md @mohmahfudmd di-retas sejak Selasa siang sebagaimana ditunjukkan dengan unggahan video beberapa tentara menyundul bola berdurasi 12 detik.

Staf Khusus Menko Polhukam Rizal Mustary menyampaikan segala unggahan dan pesan yang dikirim dari akun @mohmahfudmd sejak Selasa siang setidaknya sekitar pukul 16.00 WIB bukan dari Mahfud Md.

"Status akun instagram pribadi Bapak Mahfud Md (www.instagram.com/mohmahfudmd) di-retas oleh pihak lain di luar tim pengelola. Situasi ini terjadi sejak siang hari Selasa, 16 Januari 2024, dan upaya pemulihan sedang dilakukan," kata Rizal Mustary dalam siaran resmi Kemenko Polhukam.

Kini akun IG Mahfud MD telah berhasil dipulihkan. Sejauh ini belum ada informasi mengenai oknum yang meretas akun Instagram pribadi Mahfud.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024