Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menelusuri truk pengangkut sampah yang sudah tidak layak jalan sehingga 
membahayakan pengguna jalan lain dengan kondisi pintu bak belakang hampir copot atau lepas.
 
"Tim Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta langsung melakukan penelusuran malam itu juga," kata Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Selain itu, DLH DKI juga langsung menegur Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Selatan dan Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan.
 
"Berdasarkan temuan, truk sampah tersebut dioperasikan oleh Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup juga sudah menegur Kepala Sudin LH Jakarta Selatan dan Kasatpel Pesanggrahan," ujar Yogi.
 
Yogi menjelaskan, menurut keterangan, pengemudi truk sampah tersebut sedang menuju asrama DLH di Lenteng Agung untuk melakukan perbaikan. Perbaikan itu mencakup engsel truk tersebut yang sudah patah dan lepas.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto juga sudah menginstruksikan anggotanya untuk tidak menggunakan truk sampah yang tidak layak jalan karena bisa membahayakan banyak pengguna jalan.

Video truk sampah itu beredar di media sosial Instagram @seputar_jaksel. Truk sampah itu melintas di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Senin (15/1).
Baca juga: Evaluasi tahun baru, DKI diminta perbanyak tempat sampah
Baca juga: Legislator dukung retribusi kebersihan agar Jakarta bebas sampah

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024