Melihat pesatnya pembangunan di IKN, kebutuhan material konstruksi baik itu ekterior, interior pasti sangat tinggi dan pasti sangat dibutuhkan dan ruang untuk berkembang masih sangat besar sekali
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kehadiran perusahaan jasa penyedia material konstruksi, Sentra Unggul Nusantara Hub (Sun Hub), di Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat berkontribusi mempercepat realisasi pembangunan infrastruktur IKN.

"Melihat pesatnya pembangunan di IKN, kebutuhan material konstruksi baik itu ekterior, interior pasti sangat tinggi dan pasti sangat dibutuhkan dan ruang untuk berkembang masih sangat besar sekali," kata Presiden Jokowi saat berpidato pada agenda Ground Breaking SUN Hub di IKN, Kalimantan Timur, Rabu.

Ia mengatakan SUN Hub akan sangat membantu kontraktor mendapatkan berbagai material yang dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di IKN.

"Saya gembira karena SUN Hub menghadirkan solusi penyediaan material konstruksi dengan sistem pergudangan pintar yang ramah lingkungan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi melihat tayangan video berupa penerapan sistem pergudangan SUN Hub yang dinilai ramah lingkungan, lengkap dengan showroom material konstruksi yang interaktif.

"Ini akan menjadi kawasan penyimpan material konstruksi yang paling ramah lingkungan di Indonesia," katanya.

Jokowi berharap SUN Hub dapat membantu para kontraktor mendapatkan material-material konstruksi yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga pembangunan IKN dapat bergulir semakin cepat.

Dalam acara yang sama, Director Holding Sentra Unggul Nusantara Richard Sugianto mengatakan SUN Hub didukung oleh grup perusahaan yang sudah bergelut di bidang konstruksi dan bahan bangunan serta distribusi lebih dari 50 tahun.

"Termasuk di dalamnya PT Bangun Sukses Niaga Taman Nusantara, PT Niaga Sukses Abadi, GRC Board, dan PT Mitra Seribu Saudara," katanya.

SUN Hub juga memiliki lebih dari 50 gudang penyangga di seluruh Indonesia dengan jumlah tenaga penjualan sebanyak 700 sales dan total 3.000 tenaga kerja pendukung lainnya.

"Bahkan saat ini kami sudah mensuplai material bangunan lebih dari 30 proyek di IKN, antara lain Istana Presiden, lapangan upacara, kantor presiden, sekretariat presiden dan kantor-kantor kementerian koordinator," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menghadirkan e-commerce khusus untuk bahan bangunan melalui toko bangunan seribusaudara.com yang mengintegrasikan ekosistem perdagangan bahan bangunan.

"Kami mensinergikan para pemasok barang armada angkutan, gudang dan penjualan untuk mendorong kemajuan UMKM seperti toko-toko bangunan supaya bisa ikut berpartisipasi dan tumbuh bersama," katanya.

Baca juga: Presiden: "groundbreaking" Kantor LPS di IKN tingkatkan kepercayaan

Baca juga: "Memorial Park" dibangun di IKN untuk siapkan upacara HUT ke-79 RI

Baca juga: Presiden lakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Otorita IKN

Baca juga: Presiden letakkan batu pertama masjid kapasitas 61.000 jamaah di IKN



 

Pewarta: Andi Firdaus, Novi Abdi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024