Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meminta tiga liaison officer (LO) untuk masing-masing tim sukses pasangan calon selama penyelenggaraan debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).

Komisioner KPU RI August Mellaz saat ditemui selepas rapat koordinasi penyelenggaraan debat ke-4 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, menyebut penghubung (liaison officer) itu bakal menjadi perantara KPU RI dan tim sukses masing-masing pasangan calon manakala ada insiden-insiden saat debat berlangsung.

Tiga LO itu, August menjelaskan, terdiri atas satu LO yang punya akses penuh untuk bergerak selama acara debat dan dia duduk di barisan dekat komisioner KPU, kemudian ada dua LO tambahan yang ditempatkan masing-masing di barisan kursi tim sukses belakang pasangan calon dan di barisan seberang pasangan calon.

LO yang full access (akses penuh, red.) ditempatkan secara khusus dekat dengan kami agar bisa membantu bersama-sama observasi terhadap pelaksanaan acara debat berlangsung,” kata August Mellaz.

Dalam kesempatan terpisah, August juga menyebut LO tersebut juga dibekali dengan protofon (handy talkie/HT) saat acara debat sehingga para penghubung itu punya jalur komunikasi yang lancar manakala ada laporan/protes atas insiden-insiden yang mungkin terjadi selama acara debat.

Baca juga: KPU umumkan nama-nama 11 panelis debat keempat Pilpres 2024

Baca juga: Debat keempat pilpres untuk pertama kalinya dipandu dua perempuan


Akan tetapi, HT itu hanya akan dipegang oleh satu LO yang punya akses penuh (full access) selama acara.

“Nanti yang pegang itu (handy talkie) masing-masing tim pasangan calon kan ada dua 'LO' yang kita anggap super LO yang full access (akses penuh, red.), itu yang akan pegang. Jadi, enam dari mereka, kemudian sama tim kita, dan tentu dari media penyelenggara; sehingga nanti secara real time (langsung, red.) kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi," tutur August Mellaz saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta, pada 15 Januari 2024.

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan akses penuh itu maksudnya penghubung tersebut dapat langsung berkomunikasi juga dengan para komisioner. Namun, mereka tetap tidak dapat berkomunikasi langsung dengan pasangan calon, panelis, dan moderator. “Itu sama sekali dilarang," ucap August.

Debat keempat KPU yang menampilkan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud Md. (cawapres nomor urut 3) mengangkat isu-isu antara lain sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Rangkaian debat itu merupakan bagian dari kampanye Pilpres 2024 yang diwadahi KPU.

KPU RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024