Jakarta (ANTARA) - Yoane Wissa mencetak gol penyama kedudukan saat Republik Demokratik Kongo bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 1-1 dengan Zambia pada pertandingan pertama mereka di Grup F Piala Afrika 2024, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Kings Kangwa mencungkil bola untuk membawa Zambia memimpin pada pertandingan di San-Pedro, setelah kiper Kongo Lionel Mpasi berlari keluar meninggalkan gawangnya.

Namun Wissa menyelesaikan peluang dari jarak dekat untuk menyamakan kedudukan sebelum turun minum, dan skor imbang 1-1 bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Hasil imbang antara dua negara bertetangga tersebut terjadi setelah Maroko menang 3-0 atas Tanzania pada pertandingan yang dimainkan lebih awal di stadion yang sama.

Zambia yang dilatih Avram Grant kembali tampil di Piala Afrika setelah absen pada tiga edisi terakhir. Mereka mencari kemenangan perdana di turnamen ini sejak menjadi juara pada 2012 silam.

Dengan disaksikan mantan pelatih yang membawa mereka menjadi juara, Herve Renard, dari tribun penonton, Zambia membuka keunggulan pada menit ke-23.

Mpasi berlari meninggalkan kotak penalti untuk melakukan tekel, namun Zambia dengan cepat melakukan lemparan ke dalam. Kangwa lantas mencungkil bola melewati sang kiper yang tidak sempat kembali ke gawangnya, untuk membuat bola melesak masuk ke gawang Kongo.

Bagaimanapun, Kongo mampu menyamakan kedudukan empat menit berselang saat Cedric Bakambua mengirimkan bola kepada Wissa untuk dikonversi menjadi gol balasan.

Kongo berpikir mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-60 ketika wasit menilai bahwa Tandi Mwape memblok umpan silang Arthur Masuaku dengan lengannya. Namun keputusan itu dibatalkan menyusul peninjauan ulang, sebab setelah diamati Mwape melakukan blok dengan dadanya.

Zambia akan berhadapan dengan negara tetangga lainnya yakni Zambia pada Minggu (21/1), sedangkan Kongo akan menantang Maroko pada pertandingan yang dimainkan lebih awal di hari yang sama.


Baca juga: TV digital China hadirkan Piala Afrika bagi warga desa Pantai Gading
Baca juga: Aljazair ditahan imbang Angola pada laga pembukaannya di Piala Afrika
Baca juga: Guinea tahan imbang Kamerun meski akhiri laga dengan sepuluh pemain
Baca juga: Pemain 20 tahun bawa Senegal menangi laga perdana di Piala Afrika 2024
Baca juga: Mohamed Salah selamatkan Mesir, Ghana takluk dari Tanjung Verde


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024