Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprakirakan cuaca wilayah Banten berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari 18-19 Januari 2024.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Kamis, mengatakan cuaca wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 65-95 persen.
 
Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.
 
Ia mengatakan wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari terjadi di delapan daerah yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.
 
Selanjutnya pada pagi hari seluruh wilayah Banten berpotensi cerah hingga berawan.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan badai di sejumlah wilayah RI hari ini
 
Namun demikian BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi wilayah Banten dan sekitarnya.
 
Tatang mengatakan peluang cuaca buruk tersebut pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.
 
Selain itu juga BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, dan kapal pesiar yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu berkisar 2,50 - 4.00 meter.
 
Begitu juga tinggi gelombang 2,50 meter terjadi di perairan Selat Sunda bagian utara yang dilintasi penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung).
 
Peringatan dini waspada kapal yang melintasi perairan Banten tersebut, kata dia, guna menghindari kecelakaan laut, terlebih tinggi gelombang 4,00 meter menerjang selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian selatan.

Baca juga: Kamis, Jakarta berpotensi hujan pada siang hari
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024