Ribery punya keberanian menerobos lini pertahanan lawan dengan aksi dribel menawan. Operan-operannya kerapkali memanjakan rekan sesama tim.
Muenchen (ANTARA News) - Suhu atmosfer derbi di kolong langit Bundesliga kian terik, membakar hati dan mendidihkan semangat. Komentar demi komentar bermunculan sebagai letupan kata-kata pamungkas jelang pertandingan antara Bayern Muenchen melawan FC Nuernberg.

Orang seantero melabelnya sebagai derbi Bavaria yang ke-187. "Die Roten" (sebutan bagi Bayern Muenchen), bakal didapuk berduel dengan "Die Legende" (sebutan bagi FC Nuernberg) di Stadion Allianz Arena, Muenchen, pada Sabtu malam, pukul 20.30 WIB. Pertandingan ini ditayangkan oleh stasiun televisi swasta.

"Ini pekan yang menawan, ini jelas-jelas sesi yang penting, karena itu kami tidak melewatkannya begitu saja," kata gelandang serang Bayern Muenchen, Thomas Mueller.

Omongan itu bukan tanpa dasar. FC Hollywood digadang-gadang terlalu perkasa jika berhadapan dengan Nuernberg. Lantas pendulum keyakinan mengayun kepada fakta di lapangan, menyasar kepada hasil laga.

Punggawa asuhan pelatih Pep Guardiola telah mengantongi 36 kali kemenangan dari 59 kali bentrok melawan Nuernberg. Kosok balik, Nuernberg hanya mengenyam 11 kali menang atas Muenchen. Sejak Maret 1992, Nuernberg belum pernah mengemas kemenangan berhadapan dengan Muenchen.

Pep Guardiola angkat bicara soal derbi Bundesliga. "Setiap laga derbi senantiasa istimewa. Nuernberg tidak jarang tampil agresif ketika melawan Bayern," kata mantan pelatih Barcelona itu.

Dan Mueller menimpali dengan menyatakan, "Fisik mereka kuat. Mereka juga mampu tampil ekstra bersemangat. Mereka berbahaya ketika mengambil tendangan bola-bola mati."

Hanya saja, striker Muenchen itu buru-buru meluapkan pernyataan sarat kepercayaan diri. "Untungnya, selama ini kami tidak terlalu kesulitan menghadapi mereka beberapa tahun belakangan. Saya berharap dapat tampil produktif."

Guardiola menggulirkan asa dengan menegaskan bahwa tim asuhannya terus berusaha menggapai kemajuan dari hari ke hari, termasuk kemajuan Mario Gotze.

Pelatih asal Spanyol itu menyambut gembira bahwa Gotze telah pulih setelah ia mengalami masa cedera panjang. Ia siap mengukir debut menawan bagi klubnya. "Jelas hal itu kabar gembira bagi kami," kata Guardiola menegaskan.

Thiago dan Franck Ribery juga telah keluar dari dekapan cedera. Keduanya siap tempur, sementara Jan Kirchhoff masih diliputi tanda tanya. Javi Martinez juga belum fit benar.

Bagaimana dengan kubu Nuernberg? Berhadapan dengan sesama klub Bavaria, Wiesinger menaruh hormat atas nama besar dan prestasi seterunya itu.

"Anda tidak punya motivasi sebelum benar-benar menghadapi Bayern. Ini sungguh pertandingan yang sarat tantangan bagi kami. Anda perlu punya mental membaja untuk dapat bertanding dan bertahan di Muenchen," katanya.

Mantan pemain Bayern itu menyambut baik kembalinya bek tengah asal Swedia, Per Nilsson setelah ia mengalami cedera. Gelandang Timo Gebhart masih cedera punggung.

Prakiraan susunan pemain:
Bayern Muenchen (4-1-4-1)
Neuer (penjaga gawang), Lahm, Van Buyten, Dante, Alaba, Schweinsteiger, Ribery, Kroos, Müller, Robben, Mandzukic

FC Nuernberg FC (4-2-3-1)
Strader (penjaga gawang), Feulner, Pogatetz, Nilsson, Pinola, Balitsch, Stark, Kiyotake, Mak, Drmic, Ginczek

Pemain andalan kedua tim:
Franck Ribery (Bayern Muenchen):
Pemain ini punya segudang talenta yang siap digelontorkan kepada klubnya selama musim kompetisi berlangsung. Namanya mulai ada di hati publik bola, bahkan sejajar dengan pemain beken seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Ribery punya keberanian menerobos lini pertahanan lawan dengan aksi dribel menawan. Operan-operannya kerapkali memanjakan rekan sesama tim. Menurut statistik situs whoscored, ia mampu melakukan sembilan dribel dengan sukses dalam setiap pertandingan.

Pemain asal Prancis ini layak dinobatkan sebagai pemain terbaik Bayern musim ini. Pergerakannya sangat mengancam lini pertahanan Nuernberg.

Daniel Ginczek (FC Nuernberg):
Mantan striker Dortmund ini telah meneguhkan diri sebagai pemain punya karakter dan kualitas. Ia telah mengemas satu gol dalam dua pertandingan yang ia lakoni.

Gol yang ia lesakkan ke gawang Hoffenheim begitu berarti dan bermakna bagi kemenangan skuadnya. Ia masih relatif berusia muda, berbakat, dan bersemangat mencetak gol. Kiprah Ginczek demikian penting bagi kemajuan Nuernberg di masa depan.  

 Prediksi hasil Pertandingan (Goal.com)
* Bayern 3-0 Nuernberg (18,58 persen)
* Bayern 4-0 Nuernberg (17,64 persen)
* Bayern 2-0 Nuernberg (10,24 persen)

Head to Head
Bundesliga (GER1)
13 Apr 2013     Bayern 4 - Nuernberg 0     
17 Nov 2012     Nuernberg 1 - Bayern 1     
31 Mar 2012     Nuernberg 0 - Bayern 1     
29 Oct 2011     Bayern 4 - Nuernberg 0     
9  Apr 2011     Nuernberg 1 - Bayern 1     

Lima laga terakhir:    

Bayern
17 Aug 2013    Eintracht 0 - Bayern 1    GER1
9  Aug 2013    Bayern 3 - Mönchengladbach 1    GER1
5  Aug 2013    BSV SW Rehden 0 - Bayern 5    GERC
1  Aug 2013    Manchester City 1 - Bayern 2    FRC
31 Jul 2013    Bayern 2 - Sao Paulo 0    FRC

Nuernberg
18 Aug 2013    Nürnberg 2 - Hertha BSC 2    GER1
10 Aug 2013    TSG Hoffenheim 2 - Nürnberg 2    GER1
 4 Aug 2013    SV Sandhausen 1 - Nürnberg 1    GERC
18 May 2013    Nürnberg 3 - Werder Bremen 2    GER1
11 May 2013    Fortuna Düsseldorf 1 - Nürnberg 2    GER1
 
 
Narasi prediksi:
* Meskipun Bayern Muenchen mencatatkan dan mengukuhkan diri sebagai skuad yang relatif punya catatan prestasi gemilang musim ini, Nuernberg bakal menumpahkan seluruh kemampuan untuk membuktikan diri bahwa mereka mampu memberi perlawanan sengit dan perjuangan tanpa kenal lelah menghadapi Die Rotten.
* Pertandingan menyuguhkan adu ketahanan fisik dan kecerdasan membuka ruang gerak. Kedua tim siap tampil kreatif dalam menyerang dan kokoh dalam bertahan.
* Singkat kata, Nuernberg terlalu lemah, sementara Bayern terlalu kuat, meski agresivitas menyerang tetap menjadi kata kunci kemenangan.

Prediksi editor Antaranews.com:    
Bayern Muenchen: 3
FC Nuernberg: o

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013