Teheran (ANTARA News) - Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari memuji kemampuan angkatan laut negaranya, dan mengatakan Iran mengirimkan Armada ke-27 Angkatan Lautnya ke laut lepas dalam upaya memberikan keamanan kepada kapal-kapal dan tanker negaranya.

Pasukan Armada ke-27 Angkatan Laut kini telah memulai misi di luar negeri, kata Sayyari, dan menambahkan bahwa armada sebelumnya berlabuh di Pelabuhan Bandar Abbas setelah kembali dari Teluk Aden, lapor ISNA.

Armada sebelumnya telah berpatroli di Teluk Aden, Laut Merah, Selat Bab el-Mandeb dan utara Samudera Hindia.

Armada Angkatan Laut juga menjamin kapal-kapal perdagangan Iran dan kapal-kapal tanker.

Armada Angkatan Laut ke-26 telah diberangkatkan pada 2 Juni untuk patroli perairan di utara Samudra Hindia dan melewati Selat Bab-el-Mandeb serta Laut Merah.

Angkatan Laut Iran juga berencana untuk mengirimkan Armada ke-28 ke Atlantik, Pasifik atau Hindia Selatan dalam waktu dekat.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute angkatan laut dan memberikan keamanan bagi kapal-kapal dagang serta kapal-kapal tanker.

Sejalan dengan upaya-upaya internasional untuk memerangi pembajakan, Angkatan Laut Iran juga telah melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden sejak November 2008 untuk melindungi kapal-kapal yang terlibat dalam perdagangan maritim, terutama kapal-kapal dan tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013