Urumqi (ANTARA) - Alataw Pass dan Pelabuhan Horgos, dua pelabuhan darat utama via jalur kereta di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, telah menangani lebih dari 70.000 perjalanan kereta kargo China-Eropa sejak kedua fasilitas tersebut mulai beroperasi.

China Railway Urumqi Group Co., Ltd. mengatakan, hingga 16 Januari tahun ini, Alataw Pass telah menangani 36.622 perjalanan kereta kargo China-Eropa sejak 2013, sementara Pelabuhan Horgos telah menangani 33.403 perjalanan kereta kargo serupa sejak 2016.

Guna semakin memajukan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, Xinjiang berfokus pada peningkatan kualitas pengoperasian kereta kargo China-Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

Jumlah kereta yang melewati kedua pelabuhan tersebut terus meningkat, dengan volume gabungan kereta kargo China-Eropa mencapai lebih dari setengah dari total volume kereta kargo di negara itu.

Langkah-langkah untuk meningkatkan efisiensi transportasi di kedua pelabuhan ini juga telah dilakukan, termasuk mengoptimalkan proses operasional serta memperluas dan meningkatkan kapasitas pelabuhan.

Pada 2023, waktu singgah kereta kargo China-Eropa di stasiun-stasiun ini dipangkas dari 12 jam lebih menjadi 6-8 jam, kata Yan Huapeng, salah seorang staf di Alataw Pass.

Saat ini, Alataw Pass memiliki 115 rute operasi kereta kargo, menyediakan koneksi dengan 25 negara dan kawasan. Pelabuhan Horgos menawarkan 80 rute operasi, menghubungkan 45 kota dan wilayah di 18 negara.

Barang yang diangkut melalui kedua pelabuhan ini mencakup lebih dari 200 kategori berbeda.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024