Serang (ANTARA) -
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Banten berpotensi dilanda hujan pada Jumat pagi dan siang hari dengan intensitas ringan dan sedang.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Banten, Jumat, mengatakan cuaca wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada pagi dan siang hari dengan suhu udara rata-rata 22-33 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 65-95 persen.
 
Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Baca juga: BMKG: Hujan lebat berpotensi melanda sebagian kota besar Indonesia
 
Ia mengatakan wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada pagi dan siang hari itu terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.
 
Selanjutnya, pada malam hari rata-rata sebagian besar wilayah Banten berpotensi berawan.
 
Meskipun demikian BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi wilayah Banten dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG prakirakan Jaksel dan Jaktim hujan ringan pada Jumat siang
 
Cuaca buruk berpotensi menimbulkan bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi.
 
Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten dan Samudera Hindia.
 
Tinggi gelombang di perairan selatan Banten itu berkisar 1,25 sampai 2,50 meter (sedang) dan tinggi gelombang Samudera Hindia antara 2,50 meter sampai 4.00 meter (tinggi).

Baca juga: Warga OKU diminta waspada ancaman bencana hidrometeorologi tipe basah
 
Untuk penyeberangan Merak, Banten-Bakauheni, Lampung yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal dan aman karena tinggi gelombang di perairan itu sekitar 1,25 meter (rendah).

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024