Jemaah haji Kabupaten Majene yang akan ke Tanah Suci berkurang sekitar 50 orang...
Mamuju (ANTARA News)- Calon jemaah haji asal Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah pada musim haji 1434H/2013 berkurang sekitar 50 orang.

Kepala Bidang Pelayanan Haji Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulbar, Misbahuddin, di Mamuju, Senin, mengatakan kuota haji Sulbar dikurangi 20 persen berdasarkan kebijakan pemerintah pusat, sehingga jumlah jemaah haji Kabupaten Majene yang akan ke Tanah Suci tahun ini juga berkurang.

Ia mengatakan, jika pada tahun 2012 jumlah jemaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci mencapai 250 orang maka pada tahun ini jumlah tersebut berkurang menjadi 200 orang.

"Jemaah haji Kabupaten Majene yang akan ke Tanah Suci berkurang sekitar 50 orang, karena pemerintah Arab Saudi juga mengurangi kuota haji Indonesia, sehingga berimbas pada berkurangnya jumlah jemaah haji di berbagai daerah di Tanah Air, termasuk di Kabupaten Majene," katanya.

Ia menjelaskan, pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota haji Indonesia, karena sedang ada perbaikan lantai dua Masjidil Haram, untuk menambah daya tampung jamaah yang melakukan tawaf.

Menurut dia, jemaah haji Kabupaten Majene yang akan ke Tanah Suci tergabung dalam kloter 13 dan akan diberangkatkan pada 21 September tahun 2013 melalui embarkasi haji Hasanuddin Makassar.

Pewarta: Oleh: M Faisal Hanapi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013