Magelan (ANTARA) - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyarankan para ibu hamil mengonsumsi telur dan ikan untuk mencegah stunting mengingat dua makanan tersebut mengandung banyak protein.

"Sebenarnya banyak protein bisa kita dapatkan, salah satunya telur, itu paling gampang, paling murah. Tapi yang lain sebenarnya ikan, kita kan negara laut, ikannya itu cukup banyak, dan itu bisa dikonsumsi juga dengan gampang," kata dia pasca-bertemu peternak ayam di Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat.

Apabila protein yang dikonsumsi oleh ibu hamil cukup, maka stunting dapat terhindari sehingga berpotensi memiliki anak yang cerdas.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Harga jagung yang cukup tinggi beratkan peternak

Baca juga: Ganjar Pranowo: Jangan liberalisasi politik pangan


Menurut dia, telur dan ikan adalah salah satu makanan yang cocok untuk masyarakat Indonesia. Hal ini mengingat Indonesia merupakan negara yang didominasi lautan, sehingga seharusnya sangat mudah untuk mendapatkan ikan dan menjadi konsumsi utama bagi masyarakat.

Sebelumnya, dia menjanjikan apabila terpilih menjadi Presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu 2024), maka akan ada program Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes agar tenaga kesehatan bisa memantau dan mendampingi setiap ibu hamil sehingga pencegahan stunting bisa optimal.

Baca juga: TPN jelaskan komitmen Ganjar-Mahfud untuk lindungi masyarakat adat

“Program Ganjar-Mahfud Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes dapat optimal untuk menurunkan angka stunting," kata Ganjar saat bertemu tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok tani, dan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) di Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Kamis (18/1).

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024