Beijing (ANTARA) - China berkomitmen untuk memulihkan setidaknya 30 persen dari ekosistem darat, perairan pedalaman, pesisir, dan lautnya yang terdegradasi hingga 2030 mendatang, menurut rencana yang dirilis pada Kamis (18/1).

Cagar alam, yang sebagian besar berupa taman nasional, akan mencakup sekitar 18 persen dari total luas daratan negara itu pada 2030, sesuai rencana konservasi keanekaragaman hayati yang dirilis oleh Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China.

"Garis merah" yang menetapkan zona konservasi ekologi khusus akan mencakup setidaknya 150.000 kilometer persegi wilayah laut China, menurut rencana itu.

Rencana tersebut juga menguraikan langkah-langkah di berbagai bidang prioritas, termasuk hukum dan regulasi, publisitas, partisipasi sosial, serta pemantauan dan evaluasi, yang bertujuan untuk memastikan tercapainya target-target tersebut secara tepat waktu.

China kaya dengan keanekaragaman hayati dan menjadi rumah bagi lebih dari 10 persen spesies vertebrata darat dunia dan lebih dari 36.000 spesies tumbuhan tingkat tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara itu telah membangun sistem perlindungan lahan alami, dengan mencatatkan peningkatan jumlah habitat satwa liar yang berada di bawah perlindungan nasional berkat inisiatif konservasi nasional ini.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024