New Delhi--(ANTARA/Business Wire)-- Google India Digital Services (P) Limited dan NPCI International Payments Ltd (NIPL), anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh National Payments Corporation of India (NPCI), telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk memperluas dampak transformatif UPI ke berbagai negara di luar India.

Nota Kesepahaman ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, berusaha memperluas penggunaan pembayaran UPI bagi wisatawan di luar India agar mudah bertransaksi di luar negeri. Kedua, untuk membantu menetapkan sistem pembayaran digital seperti UPI di negara lain agar dapat menyediakan model transaksi keuangan tanpa kendala. Terakhir, berfokus pada kemudahan proses pengiriman uang antar negara dengan memanfaatkan infrastruktur UPI untuk menyederhanakan pertukaran keuangan internasional.

Semua tujuan di atas akan membantu API lebih cepat diterima di seluruh dunia. Sehingga pedagang asing dapat menjangkau pelanggan India agar masyarakat India tidak perlu lagi bergantung pada mata uang asing dan/atau kartu kredit atau kartu valas saja untuk melakukan pembayaran digital serta dapat menggunakan Aplikasi yang didukung UPI dari India, termasuk Google Pay. Hal ini sejalan dengan upaya NPCI untuk memperkuat posisi India dalam pembayaran digital di seluruh dunia. Selain itu, Nota Kesepahaman ini juga akan sangat berperan pada penyederhanaan pengiriman uang dengan mengurangi ketergantungan pada jalur konvensional untuk mengirim uang.

Kata Deeksha Kaushal, Direktur Partnerships Google Pay India, “Kami sangat senang mendukung NIPL untuk memperluas jangkauan UPI ke pasar internasional. Google Pay bangga dan bersedia bekerja sama dengan NPCI dan ekosistem keuangan menurut panduan regulator. Kerja sama ini adalah langkah maju menuju komitmen kami untuk menyederhanakan, mengamankan, dan mempermudah pembayaran. UPI telah menunjukkan kepada dunia tentang perubahan dalam perekonomian dengan memperkenalkan infrastruktur digital bagi seluruh penduduk yang dapat dioperasikan, dan setiap perekonomian yang bergabung dalam jaringan tersebut akan menciptakan dampak yang menyeluruh. Kami sangat antusias dengan kerja sama ini.”

Kata Ritesh Shukla, CEO NPCI International Payments Limited (NIPL), “Kami senang dapat bekerja sama dengan Google Pay untuk mendorong UPI ke kancah internasional. Kemitraan strategis ini akan menyederhanakan transaksi luar negeri bagi wisatawan India sekaligus memungkinkan kami memperluas pengetahuan dan keahlian dalam mengoperasikan ekosistem pembayaran digital yang sukses ke negara lain. Kami juga sangat ingin untuk mewujudkan jaringan pengiriman uang internasional tanpa kendala dan lebih terhubung dengan lebih memperluas fitur interoperabilitas antar negara UPI. Dengan kesuksesan UPI di pasar dinamis seperti India, kami sangat antusias untuk memajukan visi mentransformasi bidang pembayaran digital secara global.”

Perluasan global UPI merupakan langkah transformatif dalam perdagangan internasional untuk menciptakan pengalaman pembayaran yang lancar, aman, dan hemat biaya bagi pedagang dan pelanggan di seluruh dunia.

Untuk rincian lebih lanjut tentang NPCI International, klik di sini

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Untuk pertanyaan media: corporate.communications@npci.org.in

Sumber: NPCI International Payments Ltd

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024