Jakarta (ANTARA) - Senegal sukses mengatasi Kamerun, sementara Guinea mengamankan kemenangan tipis atas Gambia, pada pertandingan C Piala Afrika 2023, Sabtu dini hari WIB.
 
 
Pada pertandingan yang digelar di Stadion Charles Konan Banny, Yamoussoukro, Senegal sukses mengalahkan Kamerun dengan skor meyakinkan 3-1, demikian catatan CAF.
 
Hasil ini membuat Kamerun kokoh di puncak klasemen sementara Grup C Piala Afrika dengan enam poin dari dua pertandingan sekaligus memastikan diri loloa ke babak 16 besar, sementara Kamerun menempati peringkat ketiga dengan satu poin.
 
Senegal langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini dan berhasil mencetak gol pertama lewat tendangan Ismaila Sarr sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 16.
 
Memasuki babak kedua, Senegal berhasil menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol Habib Diallo setelah menerima umpan Ismaila Sarr pada menit ke-71.
 
Tertinggal dua gol, Kamerun tidak tinggal diam dan dapat memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 lewat upaya dari Jean-Charles Castelletto setelah menerima umpan dari Olivier Ntcham pada menit 83.
 
Senegal memastikan kemenangan dengan skor 3-1 setelah pada menit 90+5 pemain andalan Sadio Mane membobol gawang dari Kamerun setelah memanfaatkan umpan Idrissa Gueye.

Baca juga: Iran pastikan diri lolos ke 16 besar setelah kalahkan Hong Kong 1-0
 
Sementara itu, Guinea sukses mengamankan kemenangan tipis 1-0 atas Gambia di Stadion Charles Konan Banny, Yamoussoukro.
 
Kemenangan Guinea pada pertandingan ini hadir berkat gol semata wayang Aguibou Camara dan membuat mereka dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023.
 
Di sisi lain, Gambia dipastikan tak akan bisa melaju ke babak selanjutnya jika mereka gagal mengalahkan Kamerun pada pertandingan terakhir Grup C.
 
Kini Guinea menampati posisi kedua klasemen sementara Grup C dengan empat poin dari dua pertandingan, sedangkan Gambia menjadi juru kunci tanpa raihan poin.
 
Selanjutnya partai penentuan Grup C akan digelar Selasa (22/1) mendatang, di mana Kamerun bertemu Gambia dan Senegal ditantang Guinea.

Baca juga: Indonesia naik ke peringkat 142 dunia setelah kalahkan Vietnam 1-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024